SELAMAT BEKERJA-KERJA-IKHLAS

Jumat, 05 September 2014

SINKRONISASI ULANGAN TEMATIK DENGAN KD KI-3

Jumat, 5 September 2014. Pukul 10.45 s.d 11.25 diskusi dengan guru kelas I dan V tentang model Penilaian Kurikulum 2013. Entah sudah berapa kali pertemuan, diskusi, dan implementasi Penilaian Kurikulum 2013 ini diadakan. Pendek kata apabila guru-guru di lepas tanpa bimbingan dan arahan kurang modeng, karena malas membaca buku guru. Tidak suka menelaah. Ingin status quo. Sebenarnya ingin berubah sikap, apa daya tangan tak sampai. Diskusi ini dihadiri juga guru kelas III, guru Penjas (Pak Hijrah), guru PAI (Bu Tri dan Pak Achmad). Siang hari setelah jumatan pukul 12.50 s.d 13.20 bertemua dengan guru kelas II dan IV.
Mari kita ingat lagi masalah Kompetensi Inti :
1. KI-1 Spiritual ada 4 jenis penilaian dalam 3 bentuk pelaksanaan
2. KI-2 Sosial ada 8 jenis penilaian dalam 3 bentuk pelaksanaan
3. KI-3 Pengetahuan ada UH, UTS, UAS/UKK, dan Tugas
4. KI-4 Ketrampilan terdiri atas Praktik, Proyek, dan Fortofolio
Ulangan tematik yang merupakan salah satu Penilaian dari KI-3 harus berdasarkan pemtaan KD yang terdapat pada buku Guru. Jadi membuat Ulangan tematik tidak berdasar buku murid saja. Harus ada sinkronisasi antara KD pada KI-3 dengan PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, Penjasorkes untuk kelas I-II. Sedang untuk kelas IV-V ditambah KD pada IPA dan IPS
Kepada teman-teman BURSA, JANGAN PERNAH LELAH MENGGAPAI ILMU. Sedikit-pelan-pasti kita akan dapat mengubah sikap anak bangsa ke arah yang lebih baik. Bukan untuk hari ini saja, tetapi untuk masa 5-10-20 bahkan 50 tahun lagi. Kita akhirnya tidak ada di dunia. Anak didik kita akan mengenang segala ilmu dan kebaikan yang kita tumpahkan untuk anak bangsa. Selamat melaksanakan K-13 setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar