SELAMAT BEKERJA-KERJA-IKHLAS

Rabu, 10 September 2014

PROPOSAL GUGUS I DAN II

     Bertempat di SDN Kedung Cowek I mulai pukul 08.30 s.d 11.00 dilaksanakan Pembinaan Gugus oleh Pengawas tentang persiapan dan pelaksanaan menyongsong Dana Blok Grant untuk Gugus. Dihadiri Pengurus Inti Gugus I dan II. Pengurus KKG gugus I (2 orang) dan II (2 orang), Pengurus KKG Kec. Bulak (2 orang), Pengurus KKGOR (2 orang), Pengurus KKGPAI (2 orang). Tujuan untuk menyusun Proposal Kegiatan selama satu semester dan menyusun RPP untuk Kelas I-II-IV-V.


PROPOSAL PENDAMPINGAN GUGUS
N0
BULAN
 MINGGU I
MINGGU II
MINGGU III
MINGGU IV
1
Agustus 2014
-
-
-
Kelas 1,2,4,5
(IN – 1)
1
September 2014
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
 (IN)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
2
Oktober 2014
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
 (IN)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
3
Nopember 2014
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
 (IN)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
4
Desember 2014
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
 (IN)         
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)



Materi
Deskripsi


Buku teks pelajaran dan buku pegangan guru
1.      Pemahaman materi yang tertuang pada buku
2.      Keterkaitan antara pengetahuan, keterampilan dan sikap
3.      Pemahaman terhadap sumber-sumber belajar lainnya (buku, lingkungan sekitarnya, surat kabar/majalah/internet yang relevan dengan materi pembelajaran)
4.      Keterkaitan antara sumber-sumber belajar dan alat-alat yang dipergunakan
5.      Penekanan pada high order thinking (contoh-contoh)


Proses pembelajaran dan penilaian
1.      Pembelajaran yang menekankan pada tiga ranah kompetensi melalui pembelajaran pengetahuan untuk mengasah keterampilan dan membentuk sikap
2.      Pembelajaran berbasis aktivitas
3.      Pembelajaran untuk mengasah kreativitas
4.      Penilaian proses
5.      Penilaian kompetensi (secara utuh)


Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
1.    Identitas mata pelajaran/tema
2.    Perumusan indikator
3.    Perumusan tujuan pembelajaran
4.    Pemilihan materi ajar
5.    Pemilihan sumber belajar
6.    Pemilihan media belajar
7.    Pemilihan metode pembelajaran
8.    Pemilihan strategi pembelajaran
9.    Penilaian pembelajaran


Pelaksanaan Pembelajaran
1.    Pendekatan pembelajaran saintifik:
a. Mengajak siswa untuk mengamati
b. Memotivasi siswa untuk menanya
c. Memotiviasi siswa untuk mengumpulkan informasi,
d. Memotivasi siswa untuk mengasosiasi (menalar)
e. Memotivasi siswa untuk menyimpulkan/mencoba


2.    Discovery/inquiry learning
a.  Mengajak siswa untuk mencari tahu
b.  Mengajak siswa untuk membuktikan


3.    Pembelajaran melalui projek
a.  Menyiapkan projek untuk dikerjakan siswa
b.  Membiasakan siswa bekerja berkolaborasi


4.    Pembelajaran berbasis masalah
a.  Menyiapkan/memberikan masalah kepada siswa
b.  Membiasakan siswa untuk mengidentifikasi permasalahan


Pembelajaran nonklasikal terutama dengan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler sebagai pelaksanaan dari pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik dan pembelajaran melalui projek


Pelaksanaan Penilaian  dan Pengisian Rapor
1.    Penilaian oleh guru:
a.  Penilaian penguasaan pengetahuan
b.  Penilaian produk pembelajaran
c.  Penilaian iklim pembelajaran
2.    Penilaian oleh siswa
3.    Pengolahan nilai dalam  laporan pendidikan (rapor)


Transisi KTSP ke Kurikulum 2013
Transisi bagi siswa kelas V bagi yang sewaktu kelas IV tidak menjadi sasaran Kurikulum 2013


Materi yang dibahas selama pelaksanaan pendampingan diantaranya:
1.    Kendala yang ditemui guru sasaran dimasing-masing sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013.
2.    Pembahasan tema dan sub tema serta kegiatan pembelajarannya.
3.    Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
4.    Penerapan Pembelajaran Saintifik, Discovery/Inqiry Learning, dan Pembelajaran Berbasis Proyek.
5.    Penerapan penilaian otentik serta pengolahan hasil penilaian dan pengisian rapor
6.    Memahami Buku guru dan buku siswa
7.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
8.    Melakukan interaksi dengan orangtua dalam mendampingi kegiatan belajar anak
9.    Pembelajaran Transisi KTSP ke Kurikulum 21013
10. Pelaksanaan program muatan lokal
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
Pada saat pendampingan (ON)kepala SD Imbasmendampingi ke Guru Sasaran secara bergantian sesuai dengan kelasnya di SD dimana kepala sekolah Imbas berada.
Kegiatan pendampingan melalui tahapan sebagai berikut :
1.        Pertemuan awal meliputi pengkodisian, penjelasan tujuan, materi pendampingan, agenda kegiatan, serta informasi lain yang dibutuhkan bagi kelancaran pelaksanaan pendampingan.
2.        Pengamatan Lapangan, meliputi : pengamatan terhadap RPP, media dan alat bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian.
3.        Pembahasan hasil pengamatan, dilaksanakan melalui diskusi dan perumusan langkah perbaikan.
4.        Perbaikan, yaitu kegiatan tindak lanjut dari hasil diskusi pada tahap sebelumnya.

Contoh ON: Bulan September 2014
N0
Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
1
Minggu 1
Kelas 1
Kelas 2
Diskusi
Kelas 4
Kelas 5
 Diskusi
1
Minggu  2
-
-
-
-
-
-
2
MInggu 3
Kelas 1
Kelas 2
Diskusi
Kelas 4
Kelas 5
 Diskusi
3
Minggu  4
-
-
-
-
-
-
a.   Struktur Program

Workshop Bimtek Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Tingkat Gugus

NO
MATERI
JUMLAH JAM
A.
UMUM

1.
Kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
2 JP
B.
POKOK

1.
Elemen Perubahan Kurikulum 2013
2 JP
2.
Manajemen Perubahan dalam Implementasi Kurikulum 2013
2 JP
3.
Strategi Pelaksanaan Pendampingan Kurikum 2013 di Gugus
2 JP
4.
 Memahami Buku Guru dan Buku Siswa
·         Analisis dan Pengembangan Buku Guru
·         Analisis dan Pengembangan Buku Siswa
2 JP
5.
Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
·         Membimbing guru menyusun RPP
·         Membimbing guru melaksanakan pembelajaran saintifik
·         Membimbing guru melaksanakan pembelajaran discovery/inquiry
·         Membimbing guru melaksanakan pembelajaran berbasis masalah
·         Membimbing guru melaksanakan pembelajaran melalui proyek
4 JP
6.
Penilaian dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
·         Membimbing guru melaksanakan penilaian pembelajaran di SD
·         Membimbing guru merancang dan melaksanakan pembelajaran remedial dan pengayaan
·         Membimbing guru mengisi buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik
5 JP
7.
Muatan Lokal, Kegiatan Ektrakurikuler, dan Kerjasama Orang Tua
·         Membimbing guru mengembangkan muatan lokal
·         Membimbing guru merencanakan dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler
·         Membimbing guru merencanakan dan mengembangkan interaksi orang tua dalam pembelajaran.
3 JP
8.
Laporan pelaksanaan pendampingan Kurikulum  2013 secara online
·         Simulasi penyusunan laporan online (2 JP)
·         Praktik penyusunan laporan online (1(JP)
3 JP
C.
PENUNJANG

1.
Kepemimpinan Pembelajaran
2 JP
2.
Evaluasi (pre dan pos- test)
2 JP
3
Penyusunan action plan
1 JP

Jumlah
29 JP
Laporan Pendampinganoleh Guru Pendamping

1.   Provinsi                  : …………………………..
2.   Kab/Kota                 : …………………………..
3.   Nama Gugus           : ………………………….
4.    
Nama Pendamping
Waktu Dan Topik Pendampingan
1.      …………………………….
Waktu : ……………………………..
2.      …………………………….
Topik   : ……………………………..

5.   Nama Guru Sasaran

Nama Lengkap
Asal Sekolah
1………………………………………………
...……………………………………………
2 ……………………………………………..
...……………………………………………
3 ……………………………………………..
...……………………………………………
4 ……………………………………………..
...……………………………………………
5 ……………………………………………..
...……………………………………………
Dst. 16 ………………………………………
...……………………………………………

6.      Uraian

Contoh :
No
Topik : Memahami Buku Guru
1
Materi Pendampingan :
Bertolak pada permasalahan yang dihadapi guru sasaran di kelasnya masing-masing
(Kendala yang dihadapi dalam memahami buku guru, yaitu tentang:
 a. ………………………….
b.   …………………………
c.    …………………………dst


2



Hasil Kesepakatan
( Setelah berdiskusi, solusi / kesepakatan untuk perbaikan)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................

3


Rekomendasi Tindak Lanjut di Kelas
(Apa yang telah dilakukan guru sasaran setelah kegiatan pendampingan pada kelasnya masing-masing)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................

4


Masalah lain di luar topic yang sempat muncul pada saat diskusi?
-        (Masalah di luar topic yang sempat muncul  dalam diskusi baik yang sudah ditentukan solusinya maupun belum)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................




5
Topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................



Pendamping  1,                               (………………………………)    
                                         

 Pendamping 2,                               (………………………………)           



Lampiran 4 : Model Pelaporan Keuangan Penggunaan Dana Bansos

LAPORAN
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
OLEH KEPALA SD INTI (GUGUS)

Nama Gugus                   : ………………………………………………………………………………..
Nama dan Alamat SD Inti : ………………………………………………………………………………..
Nama Kepala SD Inti        : …………………………………………………………………………………
Waktu Pelaksanaan          :  Bulan………………………….. s.d bulan ……………………2014
===================================================
1.    Penjelasan riingkas tentang pelaksanaan pendampingan kurikulum 2013
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
2.    Kendala yang dihadapi
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………

3.    Solusi Perbaikan
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………

4.    Kesimpulan dan Saran
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………




Penggunaan Dana
No.
Jenis Pengeluaran
Volume/
Satuan
Tanggal
Satuan bIaya (Rp)
Jumlah (Rp)
Bukti Fisik 

















































Total


Terbilang:(…………………………………………..................RUPIAH)

………………,……………….........2014
Kepala Sekolah SD Inti,



………………………………..
Lampiran :
1.   Nama Peserta Pendampingan
2.    Jadwal Kegiatan Pendampingan
3.    Biodata Nara Sumber/Fasilitator dan Peserta Pendampingan
4.    Hasil dari Testimoni Peserta Pendampingan
5.    Rekaman Dokumen Lainnya 

Ketentuan Lain
a.    Ukuran kertas HVS A4
b.    Jenis huruf Arial  11 dengan spasi 1,5
Laporan diserahkan ke Dispendik Kota Surabaya akhir Bulan setiap Bulan


CONTOH RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


            Satuan Pendidikan      :  SDN BULAK RUKEM I NO.258
            Kelas / Semester          :  IV / I (Satu)
            Tema / Sub Tema/ PB :  Indahnya Kebersamaan/ Keberagaman Budaya Bangsaku/ 3
            Muatan Terpadu          :  P J O K
            Pertemuan Ke             :  3
            Alokasi Waktu            :  1 hari (4 x 35 Menit)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasaingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
- P J O K
     3.2  Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan 
            perkembangan tubuh
4.1    Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang di tandai konsep gerak melalui permainan tradisional
- Indikator
- P J O K
    *   Mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik bermain yang benar

C.       Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional dengan teknik yang benar
2.      Setelah mempraktikkan permainan tradisional siswa mampu menjelaskan nilai nilai yang terkandung yang telah dipelajarinya yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari hari
3.      Dengan bermain permainan tradisional siswa dapat mengetahui manfaat permainan yang terkandung di dalamnya, diantaranya: kejujuran, kebersamaan dll

D.      Materi Ajar
-          Contoh gambar dan poster beserta tempat untuk bermain




               

E.       Pendekatan / Metode
1.      Pembelajaran langsung, diskusi, ceramah dan praktik.
2.      Strategi pendekatan saintifik.

F.        Media dan Sumber
1.      Gambar / poster dan tempat untuk bermain
2.      Buku guru K-13
3.      Buku siswa K-13

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
A. Waktu

Pendahuluan



1.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Guru memperkenalkan diri kepada siswa.
3.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
4.      Menginformasikan tema yang akan diajarkan yaitu tentang “KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
5.      Mengajak siswa memperhatikan gambar / poster permainan tradisional


10 menit

Inti

1.      Guru menanyakan keadaan siswa tentang peremainan tradisional
2.      Siswa mengamati gambar dan poster permainan tradisional dengan teliti
3.      Siswa mendengarkan materi permainan tradisional, contohnya gobak sodor dan benteng
4.      Siswa memperhatikan demonstrasi guru tentang permainan tradisional dengan teliti
5.      Siswa mencoba melakukan permainan tradisional
6.      Guru membimbing siswa agar memainkan permainan tradisional dengan baik
7.      Siswa berdiskusi tentang strategi permainan dengan teman 1 regu

150 menit

Penutup

1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah disampaikan
3.      Melakukan penilaian hasil belajar.
4.      Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·           Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
·           Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.

15 menit


H.      Penilaian

1.      Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun


BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SN
BT
MT
MB
SM

























































2.      Pengetahuan
Teks tertulis
a.   Sebutkan jenis -jenis permainan tradisional !
b. Apa menfaat masing-masing permainan tradisional yang telah di lakukan
c. Mana permainan yang kamu sukai ? Sebutkan Alasannya !
d. Mengapa permainan tradisional sudah tidak disukai banyak anak ?

 3. Ketrampilan
a. Mengasah kemampuan mencari strategi yang tepat, mengasah otak
b  Menguatkan kekuatan dan ketangkasan
Penilaian unjuk kerja.

No
Nama Siswa
       1.Agility (kelincahan)
              2. Speed (kecepatan)
     3.   Endurance (daya tahan)

























            Mengetahui                                                                         Guru P  J O K Kelas 4
          Kepala Sekolah


  Drs. Rudy Sugeng Prayitno                                                         HIJRAH KALPATARU
  NIP. 19611120 198201 1 008                                                 NIP.    -



Tidak ada komentar:

Posting Komentar