Bertempat di SDN Kedung Cowek I mulai pukul 08.30 s.d 11.00 dilaksanakan Pembinaan Gugus oleh Pengawas tentang persiapan dan pelaksanaan menyongsong Dana Blok Grant untuk Gugus. Dihadiri Pengurus Inti Gugus I dan II. Pengurus KKG gugus I (2 orang) dan II (2 orang), Pengurus KKG Kec. Bulak (2 orang), Pengurus KKGOR (2 orang), Pengurus KKGPAI (2 orang). Tujuan untuk menyusun Proposal Kegiatan selama satu semester dan menyusun RPP untuk Kelas I-II-IV-V.
PROPOSAL PENDAMPINGAN
GUGUS
N0
|
BULAN
|
MINGGU I
|
MINGGU II
|
MINGGU III
|
MINGGU IV
|
|||
1
|
Agustus 2014
|
-
|
-
|
-
|
Kelas 1,2,4,5
(IN – 1)
|
|||
1
|
September 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
|||
2
|
Oktober 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
|||
3
|
Nopember 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
|||
4
|
Desember 2014
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(ON)
|
Kelas 1, 2, 4 dan 5
(IN)
|
|||
Materi
|
Deskripsi
|
|||||||
Buku teks
pelajaran dan buku pegangan guru
|
1.
Pemahaman materi
yang tertuang pada buku
2.
Keterkaitan
antara pengetahuan, keterampilan dan sikap
3.
Pemahaman terhadap
sumber-sumber belajar lainnya (buku, lingkungan sekitarnya, surat
kabar/majalah/internet yang relevan dengan materi pembelajaran)
4.
Keterkaitan
antara sumber-sumber belajar dan alat-alat yang dipergunakan
5.
Penekanan pada high order thinking (contoh-contoh)
|
|||||||
Proses pembelajaran
dan penilaian
|
1.
Pembelajaran yang menekankan pada
tiga ranah kompetensi melalui pembelajaran pengetahuan untuk mengasah
keterampilan dan membentuk sikap
2.
Pembelajaran berbasis aktivitas
3.
Pembelajaran untuk mengasah
kreativitas
4.
Penilaian proses
5.
Penilaian kompetensi (secara utuh)
|
|||||||
Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran
|
1.
Identitas mata
pelajaran/tema
2.
Perumusan
indikator
3.
Perumusan tujuan
pembelajaran
4.
Pemilihan materi
ajar
5.
Pemilihan sumber
belajar
6.
Pemilihan media
belajar
7.
Pemilihan metode
pembelajaran
8.
Pemilihan
strategi pembelajaran
9.
Penilaian
pembelajaran
|
|||||||
Pelaksanaan Pembelajaran
|
1.
Pendekatan
pembelajaran saintifik:
a. Mengajak
siswa untuk mengamati
b. Memotivasi
siswa untuk menanya
c. Memotiviasi
siswa untuk mengumpulkan informasi,
d. Memotivasi
siswa untuk mengasosiasi (menalar)
e. Memotivasi
siswa untuk menyimpulkan/mencoba
|
|||||||
2.
Discovery/inquiry
learning
a. Mengajak
siswa untuk mencari tahu
b. Mengajak
siswa untuk membuktikan
|
||||||||
3.
Pembelajaran
melalui projek
a. Menyiapkan
projek untuk dikerjakan siswa
b. Membiasakan
siswa bekerja berkolaborasi
|
||||||||
4.
Pembelajaran
berbasis masalah
a. Menyiapkan/memberikan
masalah kepada siswa
b. Membiasakan
siswa untuk mengidentifikasi permasalahan
|
||||||||
Pembelajaran
nonklasikal terutama dengan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler sebagai
pelaksanaan dari pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik dan
pembelajaran melalui projek
|
||||||||
Pelaksanaan Penilaian dan Pengisian Rapor
|
1.
Penilaian oleh guru:
a. Penilaian penguasaan pengetahuan
b. Penilaian produk pembelajaran
c. Penilaian iklim pembelajaran
2.
Penilaian oleh siswa
3.
Pengolahan nilai dalam laporan pendidikan (rapor)
|
|||||||
Transisi KTSP ke Kurikulum 2013
|
Transisi bagi siswa kelas
V bagi yang sewaktu kelas IV tidak menjadi sasaran Kurikulum 2013
|
|||||||
Materi yang dibahas
selama pelaksanaan pendampingan diantaranya:
1.
Kendala yang ditemui guru sasaran dimasing-masing
sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013.
2.
Pembahasan tema dan sub tema serta
kegiatan pembelajarannya.
3.
Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
4.
Penerapan Pembelajaran Saintifik,
Discovery/Inqiry Learning, dan Pembelajaran Berbasis Proyek.
5.
Penerapan penilaian otentik serta
pengolahan hasil penilaian dan pengisian rapor
6.
Memahami Buku guru dan buku siswa
7.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
8.
Melakukan interaksi dengan orangtua dalam mendampingi kegiatan belajar
anak
9.
Pembelajaran Transisi KTSP ke Kurikulum 21013
10.
Pelaksanaan program muatan lokal
Pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler
Pada saat pendampingan (ON)kepala SD Imbasmendampingi ke Guru
Sasaran secara bergantian sesuai dengan kelasnya di SD dimana kepala sekolah
Imbas berada.
Kegiatan pendampingan melalui tahapan sebagai berikut
:
1.
Pertemuan awal meliputi pengkodisian,
penjelasan tujuan, materi pendampingan, agenda kegiatan, serta informasi lain
yang dibutuhkan bagi kelancaran pelaksanaan pendampingan.
2.
Pengamatan Lapangan, meliputi : pengamatan
terhadap RPP, media dan alat bantu pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan
penilaian.
3.
Pembahasan hasil pengamatan, dilaksanakan
melalui diskusi dan perumusan langkah perbaikan.
4.
Perbaikan, yaitu kegiatan tindak lanjut dari
hasil diskusi pada tahap sebelumnya.
Contoh ON: Bulan September 2014
N0
|
Minggu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
1
|
Minggu 1
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Diskusi
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Diskusi
|
1
|
Minggu 2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2
|
MInggu 3
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Diskusi
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Diskusi
|
3
|
Minggu 4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
a.
Struktur Program
Workshop
Bimtek Pelaksanaan Pendampingan Kurikulum 2013 Sekolah Dasar
Tingkat
Gugus
NO
|
MATERI
|
JUMLAH JAM
|
A.
|
UMUM
|
|
1.
|
Kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
|
2 JP
|
B.
|
POKOK
|
|
1.
|
Elemen Perubahan Kurikulum 2013
|
2 JP
|
2.
|
Manajemen Perubahan dalam Implementasi Kurikulum 2013
|
2 JP
|
3.
|
Strategi Pelaksanaan Pendampingan Kurikum 2013 di Gugus
|
2 JP
|
4.
|
Memahami
Buku Guru dan Buku Siswa
·
Analisis dan Pengembangan Buku Guru
·
Analisis dan Pengembangan Buku Siswa
|
2 JP
|
5.
|
Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
·
Membimbing guru menyusun RPP
·
Membimbing guru melaksanakan pembelajaran
saintifik
·
Membimbing guru melaksanakan pembelajaran
discovery/inquiry
·
Membimbing guru melaksanakan pembelajaran
berbasis masalah
·
Membimbing guru melaksanakan pembelajaran
melalui proyek
|
4 JP
|
6.
|
Penilaian dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
·
Membimbing guru melaksanakan penilaian
pembelajaran di SD
·
Membimbing guru merancang dan melaksanakan
pembelajaran remedial dan pengayaan
·
Membimbing guru mengisi buku laporan hasil
pencapaian kompetensi peserta didik
|
5 JP
|
7.
|
Muatan Lokal, Kegiatan Ektrakurikuler, dan Kerjasama Orang Tua
·
Membimbing guru mengembangkan muatan lokal
·
Membimbing guru merencanakan dan
mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler
·
Membimbing guru merencanakan dan
mengembangkan interaksi orang tua dalam pembelajaran.
|
3 JP
|
8.
|
Laporan pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 secara online
·
Simulasi penyusunan laporan online (2 JP)
·
Praktik penyusunan laporan online (1(JP)
|
3 JP
|
C.
|
PENUNJANG
|
|
1.
|
Kepemimpinan Pembelajaran
|
2 JP
|
2.
|
Evaluasi (pre dan pos- test)
|
2 JP
|
3
|
Penyusunan action plan
|
1 JP
|
Jumlah
|
29 JP
|
Laporan Pendampinganoleh Guru Pendamping
1.
Provinsi :
…………………………..
2.
Kab/Kota :
…………………………..
3.
Nama
Gugus : ………………………….
4.
Nama Pendamping
|
Waktu Dan Topik
Pendampingan
|
1. …………………………….
|
Waktu : ……………………………..
|
2. …………………………….
|
Topik : ……………………………..
|
5.
Nama
Guru Sasaran
Nama Lengkap
|
Asal Sekolah
|
1………………………………………………
|
...……………………………………………
|
2 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
3 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
4 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
5 ……………………………………………..
|
...……………………………………………
|
Dst. 16 ………………………………………
|
...……………………………………………
|
6.
Uraian
Contoh :
No
|
Topik : Memahami Buku Guru
|
1
|
Materi Pendampingan :
Bertolak pada permasalahan yang dihadapi
guru sasaran di kelasnya masing-masing
(Kendala yang dihadapi dalam memahami
buku guru, yaitu tentang:
a. ………………………….
b. …………………………
c. …………………………dst
|
2
|
Hasil Kesepakatan
( Setelah berdiskusi, solusi / kesepakatan untuk perbaikan)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
3
|
Rekomendasi Tindak Lanjut di Kelas
(Apa yang telah dilakukan guru sasaran
setelah kegiatan pendampingan pada kelasnya masing-masing)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
4
|
Masalah lain di luar topic yang sempat muncul pada saat diskusi?
-
(Masalah di luar topic yang sempat
muncul dalam diskusi baik yang sudah
ditentukan solusinya maupun belum)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
5
|
Topik yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
..................................................................................................................................
|
Pendamping 1, (………………………………)
Pendamping 2, (………………………………)
Pendamping 2, (………………………………)
Lampiran 4 : Model Pelaporan Keuangan Penggunaan
Dana Bansos
LAPORAN
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KURIKULUM 2013
OLEH KEPALA SD INTI (GUGUS)
Nama Gugus :
………………………………………………………………………………..
Nama dan Alamat SD Inti :
………………………………………………………………………………..
Nama Kepala SD Inti : …………………………………………………………………………………
Waktu Pelaksanaan :
Bulan………………………….. s.d bulan ……………………2014
===================================================
1.
Penjelasan riingkas tentang pelaksanaan pendampingan
kurikulum 2013
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
2.
Kendala yang dihadapi
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
3.
Solusi Perbaikan
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
4.
Kesimpulan dan Saran
……………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
Penggunaan Dana
|
||||||
No.
|
Jenis Pengeluaran
|
Volume/
Satuan
|
Tanggal
|
Satuan bIaya (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Bukti Fisik
|
Total
|
Terbilang:(………………………………………………..................RUPIAH)
………………,………………….........2014
Kepala Sekolah SD Inti,
………………………………..
Lampiran :
1. Nama Peserta Pendampingan
2.
Jadwal Kegiatan
Pendampingan
3.
Biodata Nara Sumber/Fasilitator dan
Peserta Pendampingan
4.
Hasil dari Testimoni Peserta
Pendampingan
5.
Rekaman Dokumen Lainnya
Ketentuan Lain
a.
Ukuran
kertas HVS A4
b.
Jenis
huruf Arial 11 dengan spasi 1,5
Laporan
diserahkan ke Dispendik Kota Surabaya akhir Bulan setiap Bulan
CONTOH RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN BULAK RUKEM I NO.258
Kelas / Semester :
IV / I (Satu)
Tema / Sub Tema/ PB : Indahnya Kebersamaan/ Keberagaman Budaya Bangsaku/ 3
Muatan Terpadu :
P J O K
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 hari
(4 x 35 Menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasaingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
- P J O K
3.2
Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan
dan
perkembangan tubuh
4.1
Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang di
tandai konsep gerak melalui permainan tradisional
- Indikator
- P J O K
* Mempraktikkan permainan tradisional dengan
teknik bermain yang benar
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional
dengan teknik yang benar
2.
Setelah
mempraktikkan permainan tradisional siswa mampu menjelaskan nilai nilai yang
terkandung yang telah dipelajarinya yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan
sehari hari
3.
Dengan bermain
permainan tradisional siswa dapat mengetahui manfaat permainan yang terkandung
di dalamnya, diantaranya: kejujuran, kebersamaan dll
D. Materi
Ajar
E. Pendekatan
/ Metode
1. Pembelajaran
langsung, diskusi, ceramah dan praktik.
2. Strategi
pendekatan saintifik.
F.
Media dan Sumber
1. Gambar / poster dan tempat untuk bermain
2. Buku guru K-13
3. Buku
siswa K-13
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
A. Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Guru
memperkenalkan diri kepada siswa.
3. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
4. Menginformasikan
tema yang akan diajarkan yaitu tentang “KEBERAGAMAN
BUDAYA BANGSAKU”
5. Mengajak
siswa memperhatikan gambar / poster permainan tradisional
|
10 menit
|
|
Inti
|
1. Guru
menanyakan keadaan siswa tentang peremainan
tradisional
2. Siswa
mengamati gambar dan poster permainan tradisional dengan
teliti
3. Siswa mendengarkan materi permainan tradisional, contohnya gobak sodor
dan benteng
4. Siswa memperhatikan demonstrasi guru tentang permainan tradisional dengan teliti
5. Siswa
mencoba melakukan permainan tradisional
6. Guru
membimbing siswa agar memainkan permainan tradisional dengan baik
7. Siswa berdiskusi tentang strategi permainan dengan teman 1 regu
|
150 menit
|
|
Penutup
|
1. Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan selama sehari
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah disampaikan
3. Melakukan
penilaian hasil belajar.
4. Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
·
Mengamati sikap siswa dalam berdoa
(sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb).
·
Apabila ada siswa yang kurang benar
dan kurang sempurna dalam berdoa maka setelah selesai kegiatan berdoa
langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
|
15 menit
|
H. Penilaian
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SN
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
2. Pengetahuan
Teks tertulis
a. Sebutkan jenis -jenis permainan tradisional !
b. Apa menfaat masing-masing permainan tradisional yang telah di lakukan
c. Mana permainan yang kamu sukai ? Sebutkan Alasannya !
d. Mengapa permainan tradisional sudah tidak disukai banyak anak ?
3. Ketrampilan
a. Mengasah kemampuan mencari strategi yang tepat, mengasah
otak
b Menguatkan
kekuatan dan ketangkasan
Penilaian
unjuk kerja.
No
|
Nama Siswa
|
1.Agility (kelincahan)
|
2. Speed (kecepatan)
|
3. Endurance (daya tahan)
|
Mengetahui Guru P J O K Kelas 4
Kepala Sekolah
Drs. Rudy Sugeng Prayitno HIJRAH
KALPATARU
NIP. 19611120
198201 1 008 NIP.
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar