Kamis, 25 September 2014, pukul 06.30 s.d 07.30 ke ruang Kelas 5 A. Dengan senang hati dan penuh keceriaan siswa mendapat dua pertanyaan Inti yaitu :
1. Setiap hari saya membaca buku dengan orang tua
2. Setiap pulang sekolah saya menunjukkan buku pada orang tua
3. Sebelum belajar untuk hari esok, saya belajar sendiri/dengan orang lain
Jawaban no. 1 = 100 % tidak
Untuk No. 2 ada siswa yang berdiri 6 anak dan menjawab "Ya" . Setelah di tanya :"Apa buktinya ?". KS menanyakan bukti keaktifan orang tua dengan ttd orang tua. Ternyata tidak ada ! Artinya orang tua belum sepenuhnya terlibat dalam Pembelajaran di rumah.
Jawaban No. 3 masih banyak anak yang belajar tidak ditemani oleh orang tua.
Ada beberapa pertanyaan menarik dari anak-anak yang antara lain :
1. Bagaimana kalau orang tua saya sibuk ?
2. Mengapa setiap pembelajaran selalu ada "Membaca ?"
3. Mengapa setiap tema judulnya berubah-ubah ?
Kegiatan bertanya ini sudah merupakan keberhasilan guru dalam menerapkan Saintifik dengan Tanya yang merupakan salah satu dari 5 hal pokok dalam Saintifik. Dari 3 pertanyaan tersebut dapat disimpulkan kurangnya komunikasi orang tua dengan anaknya. Dalam pengajaran di SD inti CALISTUNG menjadi ukuran pokok keberhailan siswa. Setiap tema diberikan juduk berbeda-beda, dengan sub tema yang juga berbeda-beda agar pembelajaran menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Kesan Mapel akan hilang dengan sendirinya, tetapi Muatan yang berupa mapel sebagai penjabaran KD dan Indikator tetap menjadi konsumsi guru dalam menyusun penilaian.
Siswa yang berdiri adalah yang menjawab "YA" soal No. 2 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar