SELAMAT BEKERJA-KERJA-IKHLAS

Jumat, 12 September 2014

OBSERVASI GURU KELAS II

     Siang ini, Jumat 12 September 2014 sesudah Sholat Jumat mengadakan Observasi di kelas II yaitu Kelas Ibu Mindrati dan Ibu Sugiarti. Kelas II dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 sudah sesuai dengan harapan. Di  kelas Ibu Mindrati lebih menekankan pada materi agar anak dapat secara individual memahami tentang proses pembelajaran tematik dengan KD Matematika. Guru menggunakan kondisi di lapangan untuk membuat pembelajaran tematik lebih bermakna. Kali ini untuk pembelajaran berhitung, terlebih dahulu guru memprsesensi siswa dan hasilnya untuk kegiatan berhitung. Hal inilah yang diharapkan oleh K-13 yang tidak hanya berkutat pada buku siswa. Dalam membimbing siswa guru telaten agar snak didik benar-benar mengerti akan message yang disampaikan. Saran untuk pembukaan Lagu wajib cukup satu saja ! Kebersihan kolong bangku siswa juga menjadi prioritas guru sebelum pelajaran dimulai. Pengucapan Pancasila dengan diselingi oleh lambang burung garuda terus dilanjutkan dan yel-yel perlu lebih semangat lagi.

    Untuk kelas Ibu Sugiarti, saat ini lebih menekankan kerja kelompok agar siswa dapat bekerja sama dalam mengerjakan latihan yang ada di buku siswa. Saat siswa maju, tetapi dengan meninggalkan temannya, guru menyarankan agar siswa kembali dengan mengajak temannya yang ditinggalkan. Begitu juga ketika siswa tidak beranjak dari tempat duduk untuk mencari kelompok. Kecepatan, kerja sama, dan berani berprsentasi meanjadi motivasi sendiri bagi siswa. Saran : guru harus lebih sabar lagi dengan kondisi siswa yang kadang ingin menyimpang dari aturan. Misalnya ada siswa yang di kelas masih menggunakan topi yang bukan topi siswa SD. 

     Pagi hari guru berdiskusi dengan Ibu Nembo yang telah membuat Analisis Indikator dalam Pembelajaran tema 1 dan 2. Secara keseluruhan sudah benar. Hanya untuk KI-1 dan KI-2 juga perlu ditulis. Saat diskusi tentang RPP guru masih menggunakan RPP yang diambil dari Internet yang masih kurang sesuai. Semoga dengan diskusi ini guru lebih memahami hakekat RPP yang harus berpedoman pada Buku Guru bukan download dari Internet yang belum tentu sesuai dengan harapan di lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar