1. Pukul 09.00 Guru-guru K-13 ( Kelas I-II-IV-V-Mapel Agm-Mapel PJOK ) Gugus I dan II Kec. Bulak berkumpul di SD Muhammadiyah 9 untuk melaksanakan Kegiatan KKG dengan menyusun Proposal Kegiatan Gugus dan menyusun RPP. Acara ini dipandu oleh Pengawas TK/SD dan Ketua-ketua Gugus. Pengurus KKG dan Guru-guru Pendamping menyusun Proses on untuk Minggu depan.
2. Pukul 09.50 di Kebun Bibit Surabaya dalam rangka HAN, SDN Bulak Rukem I mendapat kesempatan dari Bapak Camat Bulak untuk menampilkan musik perkusi dalam lagu Perkakas Dapur untuk SMB ( Surabaya Mencari Bakat ).
3. Pukul 12.00 dimulai Pembagian : Rapor - Ijazah - SKHUN kepada Wali Murid. Untuk SKHUN baru di terima sekolah hari Kamis (11 Sept 2014) dan Sabtu sudah dibagikan. Jadi hanya dalam waktu dua hari. Yang sudah mengambil 115 dari 128 siswa. Pengambilan didahului oleh cap 3 jari kiri oleh siswa mulai pukul 08.30.
CONTOH RPP KELAS : I
Tahun lalu guru-guru Kelas I dan IV telah menyusun RPP
Hasilnya ada di bawah ini ! Silakan di telaah ! Apa Kekurangannya ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester :
1 / 1
Tema / Subtema : 1 / 3 (Diriku / Aku Merawat Tubuhku)
Pertemuan ke : 1
Semester : 1
(satu)
Alokasi waktu : 1 Hari (6 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.2
Mengenal teks petunjuk /
arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Mempraktikkan teks
arahan / petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu.
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN
KESEHATAN
3.4 Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi
kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan, kaki dan
pakaian.
C.
INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1. Menjelaskan secara
lisan cara – cara merawat tubuh
2.
Menjelaskan secara llisan bagian – bagian pada diri kita
yang harus dijaga kebersihannya
3.
Menjelaskan benda – benda yang biasa digunakan untuk
menjaga kebersihan tubuh
4.
Menggambar benda – benda yang biasa digunakan untuk
menjaga kebersihan tubuh
5.
Menghubungkan benda dengan gambar anggota tubuh yang
sesuai
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Menjelaskan cara –
cara merawat tubuh
2. Mempraktekkan cara –
cara merawat tubuh
3. Menunjukkan perilaku
menjaga kesehatan tubuh
D.
MATERI
BAHASA INDONESIA
1. Anggota Tubuh
2. Benda – benda untuk
merawat anggota tubuh
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Mempraktekkan cara merawat anggota tubuh
E.
TUJUAN
1. Setelah mendengarkan
penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara – cara menjaga kebersihan
tubuh dengan benar.
2. Setelah melihat
contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara mencuci tangan dengan benar.
3. Setelah bertanya
jawab, siswa dapat mejelaskan cara – cara merawat tubuh.
4. Setelah berdiskusi,
siswa dapat memasangkan kartu kegiatan merawat tubuh dengan benar.
F.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Kebersihan diri dan
lingkungan
2. Cara Merawat anggota
tubuh
G.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Flash Card, Applied Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4. Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah
dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara keberihan
kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
5. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diriku / Aku Merawat Tubuhku”
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa
diminta mengamati gambar/poster.
2.
Guru
menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri maupun
lingkungan .
3.
Guru
menanyakan apa saja pada diri kita yang harus dijaga kebersihannya, mengapa
dan bagaimana.
4.
Guru
menanyakan apa saja pada lingkungan yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan
bagaimana.
5.
Siswa
diminta maju ke depan kelas.
6.
Siswa
menjelaskan gambar meliputi penjelasan kegiatan dan tujuan. Misalnya gambar
orang berolahraga supaya badan sehat, di bawah bimbingan guru.
7.
Guru
mengingatkan kembali mengenai kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan untuk
merawat tubuh seperti mandi, keramas, mencuci tangan dan mencuci kaki.
8.
Guru
bertanya pada siswa bagaimana cara – cara mereka dalam merawat tubuh.
|
80 menit
|
9.
Siswa
diajak untuk membersihkan kelas dan sekitarnya.
10. Setelah selesai guru mengajak siswa
untuk mencuci tangannya.
11. Guru mencontohkan cara mencuci
tangan dengan benar.
12. Guru menyampaikan bahwa merawat dan
menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu bentuk syukur pada Tuhan atas
anugerah yang telah diberikan-Nya.
13. Rangkum jawaban seluruh siswa,
kemudian tanyakan kepada siswa mengenai benda – benda yang mereka gunakan
dalam merawat tubuh.
14. Setelah seluruh siswa mencoba
menjawab, guru berkata bahwa guru memiliki satu kotak rahasia (kotak dapat
berupa kardus bekas sepatu). Kotak tersebut telah berisi peralatan mandi
seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan odol.
15. Keluarkan satu persatu dari dalam
kotak sambil bertanya pada siswa, “Apakah kalian menggunakan (sabun)?” dan
seterusnya.
16. Diskusikan bersama siswa kegunaan
dari benda – benda merawat tubuh tersebut. Siapkan 4 set kartu kegiatan
merawat tubuh serta benda – benda untuk merawat tubuh.
17. Bagi siswa ke dalam beberapa
kelompok untuk memasangkan kartu – kartu tersebut.
18. Setelah memasangkan kartu, minta
siswa untuk mengerjakan latihan yang terdapat pada buku siswa.
19. Sebagai penutup guru mengingatkan
siswa untuk mandi dan keramas secara teratur.
20. Sebagai penutup guru menjelaskan
tentang pentingnya menjaga kesehatan.
|
105 menit
|
|
Penilaian proses:
a. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b. Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya,
mendominasi atau tidak dsb)
c. Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Media dan bahan pembelajaran
·
Gambar / poster kegiatan merawat
tubuh.
·
Sabun cuci tangan.
·
Potongan kertas (kartu) dengan
gambar kegiatan merawat tubuh seperti pentingnya tidur, makan, mandi, cuci
tangan, dan cuci kaki.
·
Kardus bekas pasta gigi, sabun dan
lain – lain.
·
Kartu – kartu kegiatan merawat tubuh.
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan
kebersihan anggota tubuh yang lainnya yang akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan merawat anggota tubuh merupakan cerminan dari kebersihan dan kesehatan.
Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada
kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung
jawab.
|
||
1. Semua kelompok mengamati,
memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang
dipelajari.
2. Guru memanggil salah satu
kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan
konfirmasi), memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan
memberikan pendapatnya.
|
||
3. Mengajak semua siswa untuk
membersihkan kelas dan sekitarnya :
·
Guru mengamati sikap siswa dalam membershkan kelas dan
sekitarnya
·
Menilai siswa kerjasamanya, tanggung
jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
||
4. Guru mengajak bertanya
jawab tentang makna lagu.
· Mandi menggunakan ….
· Menyikat gigi menggunakan
…..
· Keramas menggunakan ….
|
||
5. Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)
|
||
6. Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang tubuh yang bersih dan sehat
|
||
7. Menasehati siswa agar
membiasakan hidup sehat.
|
||
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
||
4. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
||
|
I.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan keluarga
·
Lingkungan sekolah
·
Buku Tematik Kelas I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Gambar/contoh langsung karya cetak
dengan berbagai bahan alam dan bentuk
J.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda
·
Isian singkat
·
Esai atau uraian
|
|
PENILAIAN NON TES:
A. Penilaian Kinerja
1. Kinerja
dalam Bercerita dan Mempraktikkan Cara Mencuci Tangan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
|
1.
|
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar
|
…..
|
…..
|
|
2.
|
Kepercayaan diri dalam bercerita
|
…..
|
…..
|
|
3.
|
Kemampuan dalam mempraktikkan cara mencuci tangan
|
…..
|
…..
|
2. Penilaian Kinerja dalam Permainan Bangun Ruang
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
(√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
|
1.
|
Ketepatan memilih Gambar
|
…..
|
…..
|
|
2.
|
Antusias mengikuti permainan
|
…..
|
…..
|
DINAMIKA
MACAM-MACAM
TEPUK
LAMPIRAN DINAMIKA
TEPUK SATE
(TEPUK
TANGAN 3X )
TUSUK-TUSUK
(TEPUK
TANGAN 3X )
BAKAR-BAKAR
(TEPUK
TANGAN 3X )
KIPAS-KIPAS
(TEPUK
TANGAN 3X )
BERI KECAP
(TEPUK
TANGAN 3X )
MAKAN
ENAAAAK
TEPUK NYAMUK
(TEPUK
TANGAN 3X )
GIGIT GIGIT
(TEPUK
TANGAN 3X )
GATAL-GATAL
(TEPUK
TANGAN 3X )
GARUK GARUK
(TEPUK
TANGAN 3X )
ENAAAAK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar