SELAMAT BEKERJA-KERJA-IKHLAS

Senin, 15 September 2014

RAKER KS DI CONVENTION HALL

Senin, 15 September 2014 di Convention Hall, Jl. Arif Rachman Hakim dilaksanakan Raker gelombang I yang diikuti KS Negeri/Swasta dan Pengawas Wilayah UPTD I-IV-V, pukul 07.30 s.d 15.30. Nara sumber yang memberikan materi adalah :
1. Ibu Walikota Surabaya
2. Ibu Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya
3. Bapak Munif Chatib dari Pengarang Buku Tematik
4. Ibu Kasi Kurikulum
5. Bapak Martadi dari Unesa
          Dalam pidatonya yang dikemas dalam bentuk rekaman (Ibu Walikota ada di Jakarta), Ibu Ir. Tri Risma Harini, M.SI menekankan pentingnya menyiapkan siswa tahun 2015 agar dapat bersaing dengan anak-anak di Asean. Terlebih dahulu acara dibuka oleh Kepala Dispendik Kota Surabaya yang menyampaikan akan 3 hal dalam Raker hari ini yaitu Surabaya sebagai kota Literasi, Permasalahan Kurikulum 2013, dan Masalah tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan.
          Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya (Ibu Arini Pakistyaningsih, S.H, M.M ) menyampaikan makalah tentang Mengembangkan Budaya Literasi di Kota Surabaya.yang antara lain ada 7 tempat umum/fasum yang harus menyediakan Perpustakaan atau Sudut baca yaitu tempat pelayanan kesehatan, pendidikan, ibadah, perkantoran, perbelanjaan, rusun/hotel, dan tempat rekreasi atau hiburan. Bila tidak akan ada denda maksimal 50 juta. Makalah ini dilanjut oleh Bapak Satria Dharma (Mitra Pustaka) 0811-5454-30 tentang budaya membaca dengan mengambil makalah dari IQRA' yaitu ayat yang pertama kali diberikan Malaikat Jibril pada Nabi Muhammad, SAW
          Bapak Munif Chatib (Pengarang Buku Tematik) mengambil tema makalah Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Proses Belajar Mengajar. Dalam tayangan ini Beliau menyampaikan tentang perbedaan mengajar dengan Pendekatan Saintifik dan Pembelajaran Saintifik. ( Direkam sendiri oleh KS ).
         Ibu Kasi Kurikulum Dra. Munaiyah, M.Pd menyampaikan kembali tentang alasan Rapor Online dengan 4 Sistem Penilaian Sikap yaitu KI-1 dan KI-2 yang tidak harus dilaksanakan semua. Sekolah dapat memilih minimal 3 dari KI-1 dan 2. Intinya : ambil KI-1 dan 2 dengan Pemetaan  KD berdasar mapel PKn, BI, Matematika, PJOK (Kelas I dan II), di tambah IPA - IPS (untuk Kelas IV-V), buat indikator dan terapkan pada PD-PO-PTS. Hasil akhir mengarah pada MODUS. Untuk KI-3 yaitu Pengetahuan, dalam pembuatan soal berbentuk Lisan-Tertulis dan Tugas mengarah pada KD yang ditentukan. Penilaian akhir  dengan mengarah pada rerata. Untuk KI-4 Nilai akhir pada optimal. Praktik-Proyek-dan Fortofolio.
          Bapak Martadi dari Unesa memandu Diskusi 3 Kelompok besar dalam Komisi :
a. Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan
b. Implementasi Kurikulum 2013
c. Mengembangkan Budaya Literasi
Hasil pendapat peserta sepedas apapun tetap diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Tgl 16 Sept 2014 dilanjut UPTD II dan III, 17 Sept 2014 SMP, 18 Sept 2014 SMA/SMK.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar