SELAMAT BEKERJA-KERJA-IKHLAS

Kamis, 17 September 2015

ON HARI KE-1 di SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA

     Kamis, 17 September 2015. Hari ini saya benar-benar harus All Out di depan anak-anak. Bukan karena apa ? Pertama saya tidak mengenal subyek. Belum observasi kelas. Kami mengajak Hery dan Alex untuk menyiapkan LCD, Speker Active, dan Handy Cam. Saya beruntung karena Tenaga Non Kependidikan di SDN Bulak Rukem I sudah terlatih selama 3 tahun untuk mengambil foto dan Video. Alex harus memegang Handycam selama 3 jam tanpa tripod. Pagi hari sebelum tampil ternyata LCD SDN Tenggilis Mejoyo I tidak dapat connect dengan Laptop yang saya bawa. Untungnya kami sudah terbiasa menyiapkan segala sesuatunya dengan barang milik sekolah sendiri. Mengapa harus menggunakan LCD, Laptop, dan Speker Activ ? Pelajaran yang kami tampilkan hanya dapat dinikmati dengan peralatan tersebut. Kami ingin mengembangkan pembelajaran Multi Dimensi yang menerapkan teknologi, Ketrampilan siswa dalam mengamati yang menjadi tuntutan K-13 dengan Eksplore dan akhirnya menemukan ide baru harus dikembangkan dengan berbagai cara. Pokoknya apapun harus kami tampilkan yang terbaik. Saya yakin penampilan ini hanya sekali bagi kami, karena selanjutnya dapat dijadikan contoh oleh teman guru bila berkenan. Kami juga ingin menyampaikan pesan kepada pengguna K-13 bahwa Pembelajaran ini sama dengan waktu kuliah ketika mendapatkan pelajaran Capita Selecta tanpa dibatasi oleh mapel tetapi juga tidak ngawur. Buku Guru dan Buku siswa harus menjadi rujukan utama, tetapi wajib dikembangkan dengan bahan lain. Saat Literasi kami membawa buku sendiri sesuai jumlah siswa yang telah diinformasikan lewat IN. Buku yang kami bawa tentunya menarik yaitu berupa Komik tentang kisah para Nabi. Lagu wajib saya tampilkan dengan iringan musik on di Laptop. Lagu Penutup yaitu Lagu daerah yaitu Lagu yang belum dikenal siswa dan saya yakin dalam waktu singkat siswa pasti mampu menyanyikan. 
    Jadi guru HARUS YAKIN BAHWA APA YANG KITA BERIKAN PASTI MAMPU DITERIMA SISWA. BILA ANDA TIDAK YAKIN BAHWA ILMU YANG ANDA BERIKAN SULIT, SEBAIKNYA CARI PEKERJAAN LAIN.
    Kepuasan kami adalah misi pembelajaran yang kami sampaikan telah mengenai sasaran. Keurangan saya adalah tidak mampu menampilkan bakat siswa secara keseluruhan, karena tuntutan skenario pembelajaran yang harus ditampilkan minggu depan. Pembelajaran Lini Masa mampu saya sampaikan tetapi terbentur oleh waktu. Terima kasih kepada KS SDN Tenggilis Mejoyo I, Bapak/Ibu Guru dan Siswa. Kami tidak mengenal  sebelumnya, tetapi Semua membantu dan menyiapkan segala sesuatunya yang kamu perlukan. Semoga dunia pendidikan semakin maju di negara tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar