Laman

Rabu, 20 Juli 2016

TOEFL

Rabu, 20 Juli 2016 di ITS Surabaya
Tes Toefl dengan 50 soal Listening yaitu mendengarkan suara kaset, peserta menjawab di LJK dengan jawaban ada di buku, Setiaon 2 dalam waktu 25 menit mengerjakan soal Writing sebanyak  40 soal (15 soal struktur dan 25 soal memilih kata yang salah dalam satu kalimat yang sudah diberi garis bawah, dan terakhir dalam waktu 55 menit mengerjakan 50 soal tentang Reading yaitu bacaan beberapa alinea/paragraph dengan pertanyaan sesuai paragraph atai kata bergaris di Line tertentu untuk dicari padanannya. Dimulai pukul 13.00 dan selesai 15.30.
















































Soal Toefl adalah kebiasan berbahasa Inggris sehari-hari, pemahaman Vocabolary/Grammar, sering mendengar orang asing berbicara cepat atau nonton TV berbahasa Inggris tanpa terjemahan. Kalau sekedar mengejar angka atau nilai TOEFL tidak akan pernah berhasil.

Umum Sebelum Mengikuti Tes TOEFL

1.    Sangat penting Anda memiliki pengetahuan tentang bahasa Inggris sebelum memulai persiapan TOEFL. Semakin tinggi tingkat penguasaan bahasa Inggris Anda, harapannya semakin besar pula mendapatkan level yang tinggi.
2.    Gunakan waktu yang cukup untuk persiapan tes TOEFL Anda. Mulailah segera setelah Anda memutuskan untuk mengikuti tes.
3.    Mengembangkan program studi dan mengikuti program yang sudah dibuat. Studi secara teratur (setiap hari). Jangan mencoba untuk mempelajari segala sesuatu tepat sebelum ujian. Hal ini tidak efektif.
4.    Cobalah untuk menyelami bahasa Inggris lebih dalam. Misalnya, menonton TV berbahasa Inggris, film, mendengarkan radio bahasa Inggris, membaca berbagai teks bahasa Inggris. Manfaatnya untuk meningkatkan pemahaman membaca dan mendengarkan. Berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris sebanyak yang Anda bisa. Tidak ada salahnya juga jika Anda harus berbicara kepada diri sendiri di depan cermin. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kefasihan Anda.
5.    Meningkatkan pembendaharaan kosakata (vocabulary). Anda akan membutuhkannya pada setiap tahap tes TOEFL. Sistematis menambahkan kata-kata baru ke wordlist Anda. Cobalah untuk mengingatnya, dan yang lebih penting, gunakan mereka ketika berbicara atau menulis.
6.    Mengidentifikasi sisi lemah Anda dan bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Sebagai contoh, jika Anda merasa keterampilan terlemah Anda menulis, mulailah menulis lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Cobalah untukmenulis dalam bahasa Inggris.
7.    Buatlah manajemen waktu belajar Anda. Coba kurangi waktu untuk tugas-tugas tertentu agar lebih fokus dalammateri TOEFL.
8.    Belajarlah untuk mendengarkan dan membaca petunjuk yang diberikan pada masing-masing komponen TOEFL dengan hati-hati.
10. Tes TOEFL® bisa dikatakan sukar. Di sana terdapat banyak soal yang mengecoh. Selain itu, waktu yang tersedia sangat pendek. Dalam waktu 130 menit harus mengerjakan 140 soal dan mengerjakan esai 300 kata dalam waktu 30 menit. Untuk ujian listening, peserta ujian harus mengerahkan konsentrasi karena percakapannya sangat cepat, sering tidak jelas, dan hanya diputar satu kali. Pemahaman Anda tentang tata bahasa Inggris akan sangat berperan. Hati-hati dengan tipe soal penjebak. Penulis tes TOEFL® seringkali menggunakan pengecoh (distractor) yang membuat jawaban salah menjadi kelihatan benar. Karena itu, Anda harus berusaha memahami soal beserta pilihan jawabannya dengan cermat. Jangan sampai Anda terjebak oleh pengecoh dalam soal.
11. Kenali tes tersebut sedini mungkin mengenai kemampuan apa saja yang akan diujikan dalam tes TOEFL®. Mempelajari terlalu banyak materi dalam waktu singkat bukanlah teknik efektif dalam menghadapi tes TOEFL®.
12. Topik pembicaraan dalam soal tes TOEFL® biasanya didasarkan pada sejarah Amerika Serikat atau negara lain tempat bahasa Inggris digunakan dan lingkungan sosialnya. Karena itu, orang yang telah memahami tentang sejarah Amerika dan lingkungan di sana akan lebih diuntungkan.
13. Soal-soal TOEFL® tidak akan menggunakan permasalahan-permasalahan kontroversial yang berkaitan dengan soal agama, kematian, perbedaan politik, perselisihan sejarah, kejahatan, dan topik-topik yang berhubungan dengan masalah etnis.
14. Tentukan tujuan-tujuan dan pastikan bahwa Anda telah memiliki target kesuksesan. Dalam tes TOEFL®, masing-masing kemampuan anggaplah memiliki porsi yang sama. Pelajari masing-masing kemampuan tersebut dengan hati-hati dan luangkan waktu lebih untuk mempelajari kemampuan yang Anda anggap sulit atau tidak Anda kuasai dengan baik.
15. Perhatikan baik-baik prosedur pelaksanaan tes. Pastikan Anda cukup memahami apa yang harus dilakukan setiap bagian (section), seberapa panjang dan spesifik tipe-tipe pertanyaan yang disajikan. Ada banyak sumber tersedia yang dapat membantu Anda berlatih.
16. Belajarlah secara berpasangan atau tim sehingga dimungkinkan Anda mendapat ide-ide segar yang belum Anda ketahui dari mereka.
17. Carilah bantuan atau arahan dari para guru, teman, dan native speakers.
18. Jangan menyia-nyiakan kesempatan. Jika Anda tidak mengetahui di mana tes TOEFL® diselenggarakan, berusahalah untuk mencari tahu sebelum tes berlangsung.
19. Pastikan semua yang Anda butuhkan dalam tes sudah Anda persiapkan dan dibawa pada pagi harinya, misalnya formulir pendaftaran, kartu identitas, nomor tes, pena, pensil, dan penghapus. Cek artikel-artikel apa saja yang Anda perlakukan berkaitan dengan tes. Aktifkan alarm Anda pada malam sebelum tes.
20. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk tidur, sarapan, dan minum. Makan pagi yang baik. Jangan makan makanan yang akan mengganggu aktivitas pagi itu, misalnya terlalu pedas atau asam. Jika diperlukan, bawalah beberapa makanan ringan atau minuman yang dapat Anda santap jika diberikan waktu istirahat. Namun, jangan membawa makanan dan minuman tersebut dalam ruang tes apalagi menyantapnya. Pakailah jam tangan agar Anda dapat mengukur waktu pengerjaan tes.

21. PRAKTIK, PRAKTIK, PRAKTIK. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik.

Tes TOEFL Per-section

A. Tes TOEFL Listening Comprehension

Kunci umum
1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sbelum hari H ujian.
2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).
3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan focuskan perhatian anda pada percakapan yang sedang anda dengarkan.
4. Memaksimalkan kemampuan listening anda pada soal-soal pertama pada masing part.
Part A: short conversation
5. Fokuskan pendengaran anda pada orang kedua.
6. Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
7. Bila anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang anda dengar.
8. Pahami bentuk-bentuk funtional expresion (agreement [persetujuan]), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (sugesti), surprise(keterkejutan)), idiomatic, expression , dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.
Part B: longer conversation
9. Ketika narator membacakan direction part B anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memeperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
10. Ketika menyimak conversation, anda harus mengetahui apa tema/topik yang dibicarakan.
11. Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
12. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.
Part C: talks
13. Bila anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
14. Waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
15. Fokuskan pendengaran anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5 –W (what, who, when, where, why ) dan How.
16. Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.

B. Tes TOEFL Structure And Written Expression

Kunci umum
1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sbelum hari H ujian.
2. Kerjakan soal-soal struktur terlebih dahulu.
3. Lanjutkan pada soal-soal written expression
Kunci structure
4. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.
5. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlan yang paling tepat untuk menelngkapi kalimat yang dipersoalkan.
6. Jangan pernah mengiliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.
7. Pertama-tama perhatikan kata atau kelompk kata yang digaris bawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.
8. Bila soal yang anda hadapi tidak bisa diidentifikasi hanya melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.

C. Tes TOEFL Reading Comprehension

Kunci umum
1. Jangan terlalu lama membaca teks bacaan.
2. Perhatikan semua pertanyaan yang terdapat pada sebuah bacaan dan ingat-ingat kata kuncinya.
3. Jangan panik apabila tema bacaan bukan merupakan disiplin ilmu yang anda kuasai.
4. Lakukan previewing untuk mengetahui topik bacaan.
5. Perhatikan kalimat pertama dari sebuah bacaan paragraf untuk mengetahui main idea.
6. Pahami konteks yang terdapat pada bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu.
7. Lakukan scanning untuk menemukan informasi tertentu yang berkaitan dengan permintaan soal.
8. Kumpulkan fakta dan data dalam bacaan untuk melakukan inferasi/ penyimpulan.
9. Berkonsentrasi selama membaca teks bacaan.
10. Tingkatkan kecepatan membaca anda.
Contoh Soal Section : 3
Jumlah Soal 50, waktu 55 menit
SECTION 3
READING COMPREHENSION 
Time-55 minutes
(including the reading of the directions)
Now set your clock for 55 minutes.
This section is designed to measure the ability to read and understand short passages similar in topic and style to those found in North American universities and colleges.
Directions: In this section you will read several passages. Each one is followed by a number of questions about it. You are to choose the one best answer, A, B, C or D, to each question. Then, on your answer sheet, find the number of the question and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.
Answer all questions about the information in a passage on the basis of what is stated or implied in that passage.
Read the following passage:
John Quincy Adams, who served as the sixth president of the United States from 1825 to 1829, is today recognized for his masterful statesmanship and diplomacy. He dedicated his life to public service, both in the presidency and in the various other political offices that he held. Throughout his political career he demonstrated his unswerving belief in freedom of speech, the antislavery cause, and the right of Americans to be free from European and Asian domination.
Example I
To what did John Quincy Adams devote his life?
(A) Improving his personal life
(B) Serving the public
(C) Increasing his fortune
(D) Working on his private business
According to the passage, John Quincy Adams "dedicated his life to public service." Therefore, you should choose (B).
Example II
In line 4, the word "unswerving" is closest in meaning to
(A) movable
(B) insignificant
(C) unchanging
(D) diplomatic
The passage states that John Quincy Adams demonstrated his unswerving belief "throughout his career." This implies that the belief did not change. Therefore, you should choose (C).
Now begin work on the questions.
Questions 1-9
Carbon tetrachloride is a colorless and inflammable liquid that can be produced by combining carbon disulfide and chlorine. This compound is widely used in industry today because of its effectiveness as a solvent as well as its use in the production of propellants.
Despite its widespread use in industry, carbon tetrachloride has been banned for home use. In the past, carbon tetrachloride was a common ingredient in cleaning compounds that were used throughout the home, but it was found to be dangerous: when heated, it changes into a poisonous gas that can cause severe illness and even death if it is inhaled. Because of this dangerous characteristic, the United States revoked permission for the home use of carbon tetrachloride in 1970. The United States has taken similar action with various other chemical compounds.
1. The main point of this passage is that
A. carbon tetrachloride can be very dangerous when it is heated
B. the government banned carbon tetrachloride in 1970
C. although carbon tetrachloride can legally be used in industry, it is not allowed in home products.
D. carbon tetrachloride used to be a regular part of cleaning compounds
2. The word “widely” in line 2 could most easily be replaced by
A. grandly
B. extensively
C. largely
D. hugely
3. The word “banned” in line 4 is closest in meaning to
A. forbidden
B. allowed
C. suggested
D. instituted
4. According to the passage, before 1970 carbon tetrachloride was
A. used by itself as a cleanser
B. banned in industrial use
C. often used as a component of cleaning products
D. not allowed in home cleaning products
5. It is stated in the passage that when carbon tetrachloride is heated, it becomes
A. harmful
B. colorless
C. a cleaning compound
D. inflammable
6. The word “inhaled” in line 7 is closest in meaning to
A. warmed
B. breathed in
C. carelessly used
D. blown
7. The word “revoked” in line 8 could most easily be replaced by
A. gave
B. granted
C. instituted
D. took away
8. It can be inferred from the passage that one role of the U.S. government is to
A. regulate product safety
B. prohibit any use of carbon tetrachloride
C. instruct industry on cleaning methodologies
D. ban the use of any chemicals
9. The paragraph following the passage most likely discusses
A. additional uses of carbon tetrachloride
B. the banning of various chemical compounds by the U.S. government
C. further dangerous effects of carbon tetrachloride
D. the major characteristic of carbon tetrachloride

KELEMAHAN TES TOEFL adalah :
1. Tema bacaan dan permasalahan tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang kita miliki.
2. Karaktersitik Budaya yaitu tidak meng-Indonesia
3. Narator bukan orang Indonesia.
SARAN :
1. Harus ada keberanian bangsa Indonesia, khususnya Perguruan Tinggi atau lembaga TOEFL untuk membuat soal-soal berdasarkan Disiplin Ilmu Calon Peserta Toefl.
2. Soal-soal lebih mengarah kepada budaya dan situasi yang ada di negara kita
3. Narator (Native Speker) adalah orang Indonesia, sehingga telinga kita lebih peka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar