KELUARGA BESAR SDN BULAK RUKEM I NO.258 MENGUCAPKAN
Laman
▼
Senin, 28 Juli 2014
Kamis, 24 Juli 2014
TARAWIH PENDIDIK DAN TENDIK UPTD SURABAYA III
Kamis, 24 Juli 2014 Giliran UPTD BPS Surabaya III berkesempatan untuk menampilkan yang terbaik dalam hal penampilan Imam yang fasih dalam bacaan sholat dan Khotib yang piawai dalam mengajak peserta Tarawih untuk selalu mengingat Allah. Tarawih di Dispendik merupakan ajang pemersatu umat Islam di seluruh kota Surabaya. Pada hari-hari terakhir Romadhon di tahun 1435 H masih banyak peserta Tarawih walau tidak terlalu membludak seperti pada hari-hari sebelumnya. Semoga silaturahim di Dispendik lewat Tarawih menjadi aset kemunculan Imam-imam dan Khotib-khotib yang andal. Paling tidak tahun depan ada semacam kompetisi kebaikan, yang mendapat reward dari Kepala Dispendik. Bentuk apersiasinya misalnya : UPTD yang paling banyak peserta tarawih, Penampil terbaik Imam, Penampil terbaik Khotib, dan Penginfaq terbaanyak dari kotak amal.
Rabu, 23 Juli 2014
NUZULUL QURAN DI PEMKOT
Rabu, 23 Juli 2014 di Lantai VI Graha Sawunggaling Pemkot dilaksanakan Pembinaan PNS dalam rangka Peringatan Nuzulul Quran dengan Pembicara Bp. M. Syaukani ( pukul 09.00 - 11.00 ). Ceramahnya cukup menarik, ilmiah, dan tidak menggurui. Salah satunya adalah Nama Hewan yang tercantum dalam Al-Quran yang perlu kita pelajarai yaitu :
1. Semut
2. Laba-laba
3. Lebah
Disampaikan kehidupan 3 hewan yang dapat menjadi cermin kehidupan manusia. Ayo dicari di Al-Quran, ya !
Disamping itu juga menyampaikan cara Taubat yang diterima oleh Allah yaitu Sungguh-sungguh, tidak mengulangi perbuatan jelek, dan banyak bersedekah. Kaitan dengan dengah sedekat telah dikupas perbedaan ZAKAT, INFAQ, SHODAQOH.
Zakat adalah wajib memiliki batas waktu tertentu dan batas ukuran. Infaq juga wajib, tetapi tidak memiliki waktu dan batas ukuran tertentu. Shodaqoh hukumnya Sunnah. Mumpung Romadhon pilih tiga-tiganya. Jika romadhon telah lewat tetap saja pilih tiga-tiganya. Dijamin pasti akan bertambah kaya. Ingin kaya, ayo ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH. Tiga-tiganya adalah janji Allah yang Maha Ghoib. Disinggung juga 5 type Kyai : Sumur, Tutur, Sembur, Catur, dan Campur. Maknanya, ayo cari sendiri ! Selamat berpuasa dan menunggu hari raya.
Selasa, 22 Juli 2014
REVISI KURIKULUM
Selasa, 22 Juli 2014 bertempat di SD Al-Muttaqien pukul 12.00 diadakan pertemuan membahas tentang masuknya Mulok Bahasa Inggris ke dalam Kurikulum 2013. Awalnya sejak K-13 maka mulai tahun pelajaran 2014-2015 Bahasa Inggris hanya diajarkan di Kelas 3 dan 6. Karena itu Bulak telah lebih dahulu mengirim berkas Kurikulum ke Dispendik. Ternyata setelah 3 minggu akhirnya harus dikembalikan karena adanya Perwali Baru tentang Bahasa Inggris sebagai Mulok di kota Surabaya.
Senin, 21 Juli 2014
PENGUMPULAN BERKAS TAMBAHAN AKREDITASI
Senin, 21 Juli 2014 tanda tangan gaji ke-13 untuk 13 PNS mulai pukul 11.00 s.d 13.30 trus hasilnya dikirim ke UPTD BPS Surabaya V pukul 14.00 dan Pernyataan Siswa Bosnas Triwulan III berdasar profil sekolah. Pukul 14.45 mengirim berkas tambahan Akreditasi ke Jagir. Dari 11 point di bawah ini yang merupakan tambahan adalah No. 4, 5 (Swasta), 6, 7, 8, 9, dan 10. Nomor 1, 2, 3, dan 11 telah dikirim lebih dahulu tanggal 18 Juli 2014. Di samping itu juga mengirim RAPBS dan tanda penitipan berkas Bopda.
1. Perangkat Akreditasi Perangkat yang telah diisi
2. Legalitas Surat pernyataan yang terdapat dalam buku
perangkat (salah satu bermetrai dan
ditandatangani Kepala Sekolah)
3. Skoring Matrik Excel ( Hard Copy )
4. Rekomendasi Surat Rekomendasi dari Dinas/Kemenag
5. Ijin Operasional Copy Surat Ijin operasional
6. Siswa Daftar siswa tiap kelas
7. Pendidik dan tenaga Daftar guru dan tenaga kependidikan lainnnya
kependidkan di tandatangani kepala sekolah/madrasah
8. Kurikulum Pernyataan pemberitahuan kurikulum,
ditandatangani oleh KS
9. Lulusan Daftar kelulusan 1 tahun terakhir
ditandatangani KS
10. Sarana dan Prasarana Gambar lanscape tanah dan surat ijin
penggunaan lahan. Gambar/foto
bangunan dan surat ijo
11. CD Matrik exel (Soft Copy)
1. Perangkat Akreditasi Perangkat yang telah diisi
2. Legalitas Surat pernyataan yang terdapat dalam buku
perangkat (salah satu bermetrai dan
ditandatangani Kepala Sekolah)
3. Skoring Matrik Excel ( Hard Copy )
4. Rekomendasi Surat Rekomendasi dari Dinas/Kemenag
5. Ijin Operasional Copy Surat Ijin operasional
6. Siswa Daftar siswa tiap kelas
7. Pendidik dan tenaga Daftar guru dan tenaga kependidikan lainnnya
kependidkan di tandatangani kepala sekolah/madrasah
8. Kurikulum Pernyataan pemberitahuan kurikulum,
ditandatangani oleh KS
9. Lulusan Daftar kelulusan 1 tahun terakhir
ditandatangani KS
10. Sarana dan Prasarana Gambar lanscape tanah dan surat ijin
penggunaan lahan. Gambar/foto
bangunan dan surat ijo
11. CD Matrik exel (Soft Copy)
Minggu, 20 Juli 2014
LOMBA TARTIL TINGKAT KOTA
Minggu, 20 Juli 2014 pukul 21.00 di Penginapan Remaja-Dukuh Kupang telah berkumpul perwakilan 31 Kecamatan untuk berlomba Cerdas Cermat, Tartil, dan Cerpen Islami. SDN Bulak Rukem I dengan siswa bernama Sofwan maju mewakili Kecamatan Bulak untuk Lomba Tartil dengan nomor urut 13 dengan membaca Al Quran antara Juz 10 sampai 20. Semoga Sukses. SDN Bulak Rukem I mewakilkan SOFWAN ( Juara 1 Tartil Kec. Bulak ). Juara 3 Cerpen Islami ( Sevi ) hanya puas menjadi juara di Kecamatan.
INILAH WAKIL SDN BULAK RUKEM I |
Sabtu, 19 Juli 2014
ZAKAT FITRAH DAN MAAL
Sabtu, 19 Juli 2014 telah memperoleh zakat sebesar Rp. 4.316.600 dari siswa, guru, dan tenaga kependidikan. Rinciannya berupa beras senilai Rp. 2.591.600, berupa uang Rp. 1.275.000 yang berasal dari siswa telah dibagikan kepada siswa dan masyarakat. Dari Guru dan Tendik sebesar Rp. 450.000 diserahkan ke BAZIS lewat UPTD BPS Surabaya V
HASIL LAPORAN PENYERAHAN AKREDITASI DAN LPJ BOPDA
Sabtu, 19 Juli 2014 TU melaporkan :
A. Untuk akreditasi perlu ditambahkan Berita Acara Serah Terima Perangkat Akreditasi Revisi 2014 sbb (Baru diberitahu 18 Juli 2014) :
BERITA ACARA
SERAH TERIMA PERANGKAT AKREDITASI
Pada hari ................ tanggal ............. bulan ............... tahun ...........
telah diserahkan dokumen perangkat akreditasi :
Nama Kepala Sekolah/Madrasah *) : ...............................................
Jabatan : ..............................................................
Nama Sekolah/Madrash *) : ............................................................
Jurusan/Program Keaahlian *) : .......................................................
NPSN : ................................................. NSS : ...............................
Alamat : ................................................. Desa/Kel *) : ....................
Kecamatan : .......................................... Kab/Kota *) : ..................
No. Tlp/HP : ...................................................................................
Kepada Badan Akreditasi Sekolah Madrasah Provinsi Jawa Timur, berkas yang diserahkan berupa :
No. Komponen Dokumen Pendukung Ada Tidak Ada
1. Perangkat Akreditasi Perangkat yang telah diisi
2. Legalitas Surat pernyataan yang terdapat dalam buku
perangkat (salah satu bermetrai dan
ditandatangani Kepala Sekolah)
3. Skoring Matrik Excel ( Hard Copy )
4. Rekomendasi Surat Rekomendasi dari Dinas/Kemenag
5. Ijin Operasional Copy Surat Ijin operasional
6. Siswa Daftar siswa tiap kelas
7. Pendidik dan tenaga Daftar guru dan tenaga kependidikan lainnnya
kependidkan di tandatangani kepala sekolah/madrasah
8. Kurikulum Pernyataan pemberitahuan kurikulum,
ditandatangani oleh KS
9. Lulusan Daftar kelulusan 1 tahun terakhir
ditandatangani KS
10. Sarana dan Prasarana Gambar lanscape tanah dan surat ijin
penggunaan lahan. Gambar/foto
bangunan dan surat ijo
11. CD Matrik exel (Soft Copy)
Di buat di : Surabaya
Pada tanggal : ............ 2014
Yang menyerahkan, Yang Menerima,
..................................... ...............................
A. Untuk akreditasi perlu ditambahkan Berita Acara Serah Terima Perangkat Akreditasi Revisi 2014 sbb (Baru diberitahu 18 Juli 2014) :
BERITA ACARA
SERAH TERIMA PERANGKAT AKREDITASI
Pada hari ................ tanggal ............. bulan ............... tahun ...........
telah diserahkan dokumen perangkat akreditasi :
Nama Kepala Sekolah/Madrasah *) : ...............................................
Jabatan : ..............................................................
Nama Sekolah/Madrash *) : ............................................................
Jurusan/Program Keaahlian *) : .......................................................
NPSN : ................................................. NSS : ...............................
Alamat : ................................................. Desa/Kel *) : ....................
Kecamatan : .......................................... Kab/Kota *) : ..................
No. Tlp/HP : ...................................................................................
Kepada Badan Akreditasi Sekolah Madrasah Provinsi Jawa Timur, berkas yang diserahkan berupa :
No. Komponen Dokumen Pendukung Ada Tidak Ada
1. Perangkat Akreditasi Perangkat yang telah diisi
2. Legalitas Surat pernyataan yang terdapat dalam buku
perangkat (salah satu bermetrai dan
ditandatangani Kepala Sekolah)
3. Skoring Matrik Excel ( Hard Copy )
4. Rekomendasi Surat Rekomendasi dari Dinas/Kemenag
5. Ijin Operasional Copy Surat Ijin operasional
6. Siswa Daftar siswa tiap kelas
7. Pendidik dan tenaga Daftar guru dan tenaga kependidikan lainnnya
kependidkan di tandatangani kepala sekolah/madrasah
8. Kurikulum Pernyataan pemberitahuan kurikulum,
ditandatangani oleh KS
9. Lulusan Daftar kelulusan 1 tahun terakhir
ditandatangani KS
10. Sarana dan Prasarana Gambar lanscape tanah dan surat ijin
penggunaan lahan. Gambar/foto
bangunan dan surat ijo
11. CD Matrik exel (Soft Copy)
Di buat di : Surabaya
Pada tanggal : ............ 2014
Yang menyerahkan, Yang Menerima,
..................................... ...............................
Jumat, 18 Juli 2014
TARAWIH DISPENDIK OLEH UPTD BPS SURABAYA V
Jumat, 18 Juli 2014 UPTD BPS Surabaya V telah mendapat giliran tarawih di Masjid Dispendik untuk kedua kalinya. ( Yang pertama 11 Juli 2014 ). Drs. Sidik Wiyono, M.M mendapat kesempatan untuk memberikan ceramah singkat antara Tarawih dan Witir. Dengan gaya Jawa Tengahan Beliau menyampaikan tembang tentang keutamaan puasa. Tarawih kali ini diikuti lebih kurang 250 guru dan tenaga kependidikan di wilayah UPTD BPS Surabaya V. Sukses untuk Bp. Sudirman dan staff UPTD BPS Surabaya V yang telah mengajak kebaikan kita semua.
PENGAJUAN AKREDITASI 2014
Jumat, 18 Juli 2014 TU telah mengantar berkas Akreditasi pukul 15.30 yang terdiri atas :
a. Dua buku yang tersisi lengkap dan bermeterai
b. Soft copy dan hard copy skoring
c. Satu bendel yang bersisi identitas dan foto
Juga menyerahkan laporan Bopda yang terdiri atas :
a. Satu bendel Laporan SPJ Bopda Triwulan II
b. BKU Bopda dan Laporan Pajak
a. Dua buku yang tersisi lengkap dan bermeterai
b. Soft copy dan hard copy skoring
c. Satu bendel yang bersisi identitas dan foto
Juga menyerahkan laporan Bopda yang terdiri atas :
a. Satu bendel Laporan SPJ Bopda Triwulan II
b. BKU Bopda dan Laporan Pajak
Kamis, 17 Juli 2014
PONDOK ROMADHON KECAMATAN
Kamis, 17 Juli 2014 pukul 08.00 s.d 20.00 dilaksanakan lomba di SD Al Muttaqien yang diikuti oleh perwakilan siswa SDN/SDS di wilayah Kec. Bulak.Pukul 09.00 ada Pembinaan Pengawas tentang data guruyang belum ditatar kurikulum 2013.
Rabu, 16 Juli 2014
DINAS PERTANIAN DAN MASJID AKBAR
Rabu, 16 Juli 2014 Kegiatan Safari Romadhon dilaksanakan di 2 tempat yaitu di Dinas Pertanian (Pagesangan) dan Masjid Akbar Surabaya. Berangkat pukul 11.30 dengan 2 bus sampai di lokassi
pukul 12.30 trus sholat dan dilaksanakan Kegiatan Pembelajaran Lingkungan Hidup. Pukul 14.00 dilanjutkan ke Masjid Akbar. Sholat Dhuhur bagi yang belum, sholat Ashar dan Membagi Takjil gratis di luar Masjid kbar sebelah Timur. Mendengarkan ceramah Magrib, Buka puasa, Sholat Tarawih. Sampai di sekolah pukul 21.00
pukul 12.30 trus sholat dan dilaksanakan Kegiatan Pembelajaran Lingkungan Hidup. Pukul 14.00 dilanjutkan ke Masjid Akbar. Sholat Dhuhur bagi yang belum, sholat Ashar dan Membagi Takjil gratis di luar Masjid kbar sebelah Timur. Mendengarkan ceramah Magrib, Buka puasa, Sholat Tarawih. Sampai di sekolah pukul 21.00
Selasa, 15 Juli 2014
PENJELASAN TENTANG CD K-13
Selasa, 15 Juli 2014 di ruang kelas Atas/sebelah eks Ruang IT diadakan pertemuan dengan guru kelas I/3 orang, II/2 orang, IV/2 orang, V/2 orang, Guru Agama Islam/2 orang tentang penjelasan Buku Kurikulum baru. Intinya guru sudah harus siap melaksanakan Kurikulum 2013 untuk tanggal 4 Agustus 2014. Caranya mendalami CD Buku Kurikulum terbitan tahun 2014 dari Mendikbud yang sudah di revisi.
Petunjuk KS :
1. Bacalah Petunjuk Buku Guru dan Buku Siswa. Dalami Isinya.
2. Buatlah Prota berdasarkan KI dan KD Tematik/Mapel
3. Susunlah Silabus dari Buku Guru
4. Tuliskan RPP berdasar Buku Guru
5. Lakukan Analisa Kalender Pendidikan Tapel 2014-2015 tentang Hari Efektif, Minggu Efektif
6. KKM tetap 75 dengan dikonversi menjadi B
Acara berlangsung singkat ( pukul 09.00 s.d 10.00).
Sementara itu P.Anwar, TU dan guru yang tidak ikut pertemuan tetap melaksanakan lanjutan pengisian. Akreditasi
Di SD Muhammadiyah 9 sudah menunggu 6 KSDN, 6 KSDS, dan Pengawas PPAI. Mereka menerima alih CD Kurikulum 2013 lewat Flasdis, sekaligus penjelasan singkat bila Buku Kurikulum 2013 pada hari H-nya belum sampai di Sekolah. Juga ada penjelasan tentang Pondok Romadhon Kecaamatan. Laporan satu per satu dari masing-masing KS kepada Penagwas PAI tentang pelaksanaan Pondhok Romadhon. Masing-masing KS sudah harus menyerahkan Laporan peserta Calistung siswa kelas IV baru. Untuk SDN Bulak Rukem I peserta 78 siswa, dan Pengawas 8 orang ke Koordnator K3S Kec. Bulak. Pelaksanaan ... menunggu.
Petunjuk KS :
1. Bacalah Petunjuk Buku Guru dan Buku Siswa. Dalami Isinya.
2. Buatlah Prota berdasarkan KI dan KD Tematik/Mapel
3. Susunlah Silabus dari Buku Guru
4. Tuliskan RPP berdasar Buku Guru
5. Lakukan Analisa Kalender Pendidikan Tapel 2014-2015 tentang Hari Efektif, Minggu Efektif
6. KKM tetap 75 dengan dikonversi menjadi B
Acara berlangsung singkat ( pukul 09.00 s.d 10.00).
Sementara itu P.Anwar, TU dan guru yang tidak ikut pertemuan tetap melaksanakan lanjutan pengisian. Akreditasi
Di SD Muhammadiyah 9 sudah menunggu 6 KSDN, 6 KSDS, dan Pengawas PPAI. Mereka menerima alih CD Kurikulum 2013 lewat Flasdis, sekaligus penjelasan singkat bila Buku Kurikulum 2013 pada hari H-nya belum sampai di Sekolah. Juga ada penjelasan tentang Pondok Romadhon Kecaamatan. Laporan satu per satu dari masing-masing KS kepada Penagwas PAI tentang pelaksanaan Pondhok Romadhon. Masing-masing KS sudah harus menyerahkan Laporan peserta Calistung siswa kelas IV baru. Untuk SDN Bulak Rukem I peserta 78 siswa, dan Pengawas 8 orang ke Koordnator K3S Kec. Bulak. Pelaksanaan ... menunggu.
Tentang Buku Panduan Guru
Pembelajaran Tematik Terpadu
Kelas 1
Buku
Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan
pembelajaran
tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
1.
Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi
beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
2.
Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
3.
Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran
yang menyatu dan mengalir.
4.
Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif,
penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan
menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
5.
Berbagai teknik penilaian siswa.
6.
Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
7.
Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang
tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
8.
Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan
pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi
(sikap,
pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi.
Aktivitas
tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
1.
Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan
cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan
pemecahan masalah.
2.
Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisir informasi
yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
3.
Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bias mengaitkan
pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
4.
Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
5.
Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
6.
Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
7.
Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Bagaimana Menggunakan Buku
Panduan Guru?
Buku
Panduan Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku
Siswa
dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengingat
pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1.
Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2.
Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
3.
Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan
penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
4.
Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan,
keteladanan, dan budaya sekolah.
5.
Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai
dengan halaman yang dimaksud.
6.
Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema pembelajaran.
Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan
membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, meng ajukan pertanyaan
yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar dan sebagainya. Demikian
juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap
perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk
memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang
diuraikan dalam buku ini.
7.
Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Termasuk di
dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai
dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas
pada saat hujan).
8.
Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain
peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya).
Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung,
diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
9.
Kembangkanlah keterampilan berikut ini:
a.
pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
b.
keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi,
c.
keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan
d.
keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
10.
Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.I
11.
Pada semester I terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema. Setiap
subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk
1 hari.
12.
Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian,
alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru
diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di
sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13. Pada akhir subtema buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan
latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. Meskipun demikian, guru
dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumber-sumber
yang lain.
14.
Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi sebagai
portofolio siswa.
15.
Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, sebagai bahan untuk
melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktorfaktor
yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendalakendala yang
dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
16.
Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan
masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya
belajar siswa serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar
siswa, sangat dibutuhkan.
17.
Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh
hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kerja Sama dengan Orang Tua
Secara
khusus, di setiap akhir pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang
tua dengan subjudul ‘Belajar di Rumah’. Kolom ini berisi informasi tentang materi
yang dipelajari dan aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang
tua di rumah. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar
siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan
kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah.
Beberapa
Singkatan Nama Mata Pelajaran dan Kepanjangannya
1. SBDP
: Seni Budaya dan Prakarya
2.
PPKn : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.
PJOK : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Tentang Buku Siswa
Pembelajaran Tematik Terpadu
Kelas 1
1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku
aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
2. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk
menstimulasi imajinasi dan minat siswa.
3. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih
rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan
Guru.
4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih
merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan
pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut
dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam
Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
5. Pada semester 1 terdapat 4
tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema. Tiap subtema diuraikan ke dalam 6
pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Penjelasan lebih
rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.
6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin
diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan
melalui subjudul Ayo Belajar, Ayo Amati, Ayo Berlatih, Ayo Berkreasi, Ayo Mendengarkan,
Ayo Bercerita, Ayo Menulis, Ayo Diskusikan, Ayo Menyanyi, Ayo Lakukan, Ayo
Berhitung, Ayo Bermain Peran, Ayo Menggambar, Ayo Kerjakan, Ayo Bekerja Sama,
Ayo Berlatih, Ayo Renungkan, dan Belajar di Rumah.
7. Buku ini bersifat serbamencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri
untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
8. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk
orang tua dengan subjudul Belajar di Rumah. Kolom ini berisi aktivitas belajar
yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi
dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa.
9. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang
merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang ada di buku siswa diperuntukkan
bagi guru, bukan siswa. Meskipun demikian, mengingat siswa akan terpapar dengan
teks-teks itu, khusus untuk buku kelas 1 penggunaan tanda baca hanya pada yang
bersifat dasar dan seperlunya saja, seperti penggunaan huruf kapital di awal
kalimat, penulisan nama dan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda
hubung (-) dan tanda Tanya (?). Namun harus dipastikan bahwa tanda-tanda baca
tersebut belum diajarkan kepada siswa.
10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar
refleksi diri dengan icon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu
siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus
ditingkatkan.
11. Lembar penilaian merupakan bagian akhir subtema
yang dapat digunakan sebagai alat penilaian pencapaian kompetensi. Namun guru
dapat mengembangkan alat penilaian sendiri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
Senin, 14 Juli 2014
HARI PERTAMA TAPEL 2014 - 2015
Senin, 14 Juli 2014 merupakan hari pertama masuk Sekolah untuk Tapel 2014-2015. Diisi dengan :
1. LOS kelas I baru dengan 120 siswa. Siswa Keluar kelas VI : 128 siswa. Siswa Mutasi Keluar 2 anak. Siswa Mutasi Masuk : 3 anak. Jumlah Rombel 14, Jumlah ruang kelas : 7. Ruang Perpustakaan, Mushola, Koperasi, UKS, BK, Kantin, Gudang, Rauang KS+TU, Sanggar, Sudut IPA/Almari : masing-masing 1. Jumlah Wali Kelas 13. Guru Mapel Agama Islam : 3 orang. Guru Mapel Penjasorkes : 2 orang. Guru Agama Kristen : 1 orang (perbantuan dari SDN Komplek Kenjeran), Guru Bahasa Inggris kelas 3 dan 6 : 1 orang/dirangkap. Pembina Musik : 1 orang. Pembina Tari : 1 orang. Pembina Gambar : 1 orang. Pembina Aritmatika : 1 orang. Pembina Vokal, TPQ UKS/Tiwisada, Sepak Takraw dirangkap. Pembina Pramuka 4 orang ( 2 merangkap ). Petugas Perpustakaan : 2 orang ( 1 bantuan ), Petugas IT/Admin : 2 orang. Petugas Keamanan : 1 orang. Kebersihan : 1 orang. Taman/Kantin : 1 orang.
2. Pertemuan guru untuk melksanakan Pondok Romadhon mulai Senin, 14 Juli 2014 s.d 19 Juli 2014. Bagi yang tidak Pondok Romadhon melaksanakan Pendidikan Karakter, Budi Pekerti, Pengenalan Lingkungan
3. Kelas VI hari Rabu, 16 Juli 2014 Safari Romadhon ke Dinas Pertanian-Pegesangan dan Masjid Akbar, mulai pukul 11.00 untuk belajar lingkungan Hidup dan Sholat tarawih berjamaah. Pak Hari dan Pak Hijrah sudah survey Jumat, 11 Juli 2014. Antar Surat P.Hijrah : Selasa, 8 Juli 2014
4. Melanjutkan Pengisian Format Akreditasi .... Masih kurang
5. Monev Pengawas tentang PPDB (Ada format) dan Simulasi Akreditasi di ruang Perpustakaan.
6. Pertemuan Koordinator K3S, Koordinator Kurikulum, dan Koordinator Urusan Keuangan di halaman Masjid Dispendik ( pukul 12.00 ) dengan Surabaya V dan mendapat CD K-13 dari Kepala UPTD ( Bp.Dirman). Tiap Kec. hanya 1 CD
7. Rapat di Dispendik (Aula) pukul 13.00 s.d pukul 14.00 untuk Surabaya V dan Kepala SMPN se Surabaya untuk mendapatkan penjelasan Sarpras dari Kabid Dikdas (Ibu Eko), dan Kasi Sarpras (Bp. Rony). Karena SDN Bulak Rukem I No.258 sudah dapat 2 set bangku karena ada 2 ruang kelas baru, maka sudah tidak perlu mengisi.
1. LOS kelas I baru dengan 120 siswa. Siswa Keluar kelas VI : 128 siswa. Siswa Mutasi Keluar 2 anak. Siswa Mutasi Masuk : 3 anak. Jumlah Rombel 14, Jumlah ruang kelas : 7. Ruang Perpustakaan, Mushola, Koperasi, UKS, BK, Kantin, Gudang, Rauang KS+TU, Sanggar, Sudut IPA/Almari : masing-masing 1. Jumlah Wali Kelas 13. Guru Mapel Agama Islam : 3 orang. Guru Mapel Penjasorkes : 2 orang. Guru Agama Kristen : 1 orang (perbantuan dari SDN Komplek Kenjeran), Guru Bahasa Inggris kelas 3 dan 6 : 1 orang/dirangkap. Pembina Musik : 1 orang. Pembina Tari : 1 orang. Pembina Gambar : 1 orang. Pembina Aritmatika : 1 orang. Pembina Vokal, TPQ UKS/Tiwisada, Sepak Takraw dirangkap. Pembina Pramuka 4 orang ( 2 merangkap ). Petugas Perpustakaan : 2 orang ( 1 bantuan ), Petugas IT/Admin : 2 orang. Petugas Keamanan : 1 orang. Kebersihan : 1 orang. Taman/Kantin : 1 orang.
2. Pertemuan guru untuk melksanakan Pondok Romadhon mulai Senin, 14 Juli 2014 s.d 19 Juli 2014. Bagi yang tidak Pondok Romadhon melaksanakan Pendidikan Karakter, Budi Pekerti, Pengenalan Lingkungan
3. Kelas VI hari Rabu, 16 Juli 2014 Safari Romadhon ke Dinas Pertanian-Pegesangan dan Masjid Akbar, mulai pukul 11.00 untuk belajar lingkungan Hidup dan Sholat tarawih berjamaah. Pak Hari dan Pak Hijrah sudah survey Jumat, 11 Juli 2014. Antar Surat P.Hijrah : Selasa, 8 Juli 2014
4. Melanjutkan Pengisian Format Akreditasi .... Masih kurang
5. Monev Pengawas tentang PPDB (Ada format) dan Simulasi Akreditasi di ruang Perpustakaan.
6. Pertemuan Koordinator K3S, Koordinator Kurikulum, dan Koordinator Urusan Keuangan di halaman Masjid Dispendik ( pukul 12.00 ) dengan Surabaya V dan mendapat CD K-13 dari Kepala UPTD ( Bp.Dirman). Tiap Kec. hanya 1 CD
7. Rapat di Dispendik (Aula) pukul 13.00 s.d pukul 14.00 untuk Surabaya V dan Kepala SMPN se Surabaya untuk mendapatkan penjelasan Sarpras dari Kabid Dikdas (Ibu Eko), dan Kasi Sarpras (Bp. Rony). Karena SDN Bulak Rukem I No.258 sudah dapat 2 set bangku karena ada 2 ruang kelas baru, maka sudah tidak perlu mengisi.
Sabtu, 12 Juli 2014
PENILAIAN KINERJA PENGAWAS
Sabtu, 12 Juli 2014 keluar Penilaian Kinerja Pengawas di Kinerja Guru. Pukul 13.00 KS menilai Bapak Drs. Arifin. Untuk Bulan Januari, Februari, April, dan Mei terdapat 10 poin yang harus diisi. Pada bulan Maret ada 14 poin. Bulan Juni ada 20 poin. Penilaian berakhir pukul 14.29 dan sudah dilaporkan ke Pengawas lewat SMS. Semoga sukses untuk Kinerja guru.
Jumat, 11 Juli 2014
CEKING DATA AKREDITASI, RAPAT DI KC 1 DAN TARAWIH DI DISPENDIK
Jumat, 11 Juli 2014 mulai pukul 08.30 hingga 14.30, TU mengecak data yang harus ditulis teman guru dalam 8 SNP. Ternyata hanya 50 % yang menulis data. Jadi akreditasi BELUM FINAL. Pukul 09.30 KS pertemuan di SDN KEDUNG COWEK I. Intinya ada berita tentang rotasi guru yang belum ada SKnya. Sebelum ada SK dari Dispendik, maka berita itu belum tentu kebenarannya. Sebelumnya pak Hijrah dan pak Hari ke Dinas Pertanian untuk survey tentang Pembelajaran IPA di bulan Romadhon. Pukul 10.45 kembali ke Sekolah. Pukul 11.45 Jumatan dulu. Pukul 13.00 ada SMS tentang Calistung. Setelah Magrib ada kegiatan Sholat Tarawih di Dispendik. Guru yang ditugaskan pak Asrofil, bu Tri, dan pak Achmad. Kali ini merupakan Tarawih terbanyak pesertanya untuk UPTD BPS Surabaya V. Lantai atas penuh. Lantai bawah penuh bahkan membludak keluar.
Kamis, 10 Juli 2014
SEMI FINAL AKREDITASI
Kamis, 10 Juli 2014 merupakan babak Semi final Pengumpulan data dan dilanjutkan penulisan bukti fisik. Teman-teman guru sudah berusaha sekuat tenaga, pikiran, dan naluri keilmuan untuk menyukseskan Akreditasi demi nama baik Bursa. Sayang sekali ada 2 SNP yang tidak datang, sehingga dibantu oleh yang lainnya. Jumat, 11 Juli 2014 akan dilanjutkan penulisan oleh TU.
Rabu, 09 Juli 2014
Selasa, 08 Juli 2014
DAFTAR ULANG PPDB
Selasa, 8 Juli 2014 adalah hari yang menentukan bagi siswa Kelas I baru tahun pelajaran 2014-2015.
Pukul 08.00 setelah diumumkan secara resmi di papan pengumuman, wali murid mendapat penjelasan singkat dari KS tentang :
1. Hak dan kewajiban siswa dan orang tua
2. Proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dan Buku Kurikulum 2013
3. Uang Bopda Rp 29.000,00 persiswa/bulan dan Bosnas Rp 580.000,00 persiswa/tahun
4. Beaya Personal dan Operasional
5. Rapor online
6. Website : dispendik.surabaya.go.id
7. Webblog : sdnbursa.blogspot.com
8. Email : sdnbulakrukem258@yahoo.com
9. Situs : Peofil sekolah
10. Situs : Surabaya Belajar
11. NISN
Acara dilanjutkan dengan verifikasi daftar ulang.
Untuk Nomor Peserta 1 - 40 : Ibu Nita
Untuk Nomor Peserta 41 - 80 : Ibu Nur
Untuk Nomor Peserta 81 - 120 : Ibu Lilik
Sampai pukul 13.40 akhirnya semua Orang tua Peserta Didik daftar ulang, Setelah 9 orang yang belum daftar Ulang di telepon. Tetapi ada satu wali murid yang memilih anaknya mendaftar di Pondok Pesantren. Mundurnya 1 peserta akan diisi peserta no. urut 121 yang masih bertahan di rekap dan akan dipanggil tanggal 10 Juli 2014. Terima kasih BAPAK/IBU GURU, WALI MURID BARU dan SEMUA PIHAK YANG MENDUKUNG KELANCARAN PPDB SDN BULAK RUKEM I NO.258 TAPEL 2014 - 2015
Pukul 08.00 setelah diumumkan secara resmi di papan pengumuman, wali murid mendapat penjelasan singkat dari KS tentang :
1. Hak dan kewajiban siswa dan orang tua
2. Proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dan Buku Kurikulum 2013
3. Uang Bopda Rp 29.000,00 persiswa/bulan dan Bosnas Rp 580.000,00 persiswa/tahun
4. Beaya Personal dan Operasional
5. Rapor online
6. Website : dispendik.surabaya.go.id
7. Webblog : sdnbursa.blogspot.com
8. Email : sdnbulakrukem258@yahoo.com
9. Situs : Peofil sekolah
10. Situs : Surabaya Belajar
11. NISN
Acara dilanjutkan dengan verifikasi daftar ulang.
Untuk Nomor Peserta 1 - 40 : Ibu Nita
Untuk Nomor Peserta 41 - 80 : Ibu Nur
Untuk Nomor Peserta 81 - 120 : Ibu Lilik
Sampai pukul 13.40 akhirnya semua Orang tua Peserta Didik daftar ulang, Setelah 9 orang yang belum daftar Ulang di telepon. Tetapi ada satu wali murid yang memilih anaknya mendaftar di Pondok Pesantren. Mundurnya 1 peserta akan diisi peserta no. urut 121 yang masih bertahan di rekap dan akan dipanggil tanggal 10 Juli 2014. Terima kasih BAPAK/IBU GURU, WALI MURID BARU dan SEMUA PIHAK YANG MENDUKUNG KELANCARAN PPDB SDN BULAK RUKEM I NO.258 TAPEL 2014 - 2015
Senin, 07 Juli 2014
VERIFIKASI DATA SDN-SMPN-SMAN/SMKN
Senin, 7 Juli 2014 secara bertahap SDN dibagi menjadi 5 wilayah dimulai pukul 08.00 di Aula Dispendik dan Lantai 2 PLS, KS harus mengadap tim PPDB untuk Verifikasi kebenaran data dan selanjutnya harus di ttd Kepala Dispendik. Inilah yang memakan waktu cukup lama karena harus antre dan teliti. Kebetulan Senin, Minggu I giliran Istigoshah Surabaya V dan II, sehingga pukul 07.30 KS sudah di Dsipendik. Pukul 08.15 mengumpulkan Laporan Bosnas Triwulan II, selanjutnya sampai di sekolah pukul 09.30. Selesai ttd legalisir dan mengeprint lembar verifikasi, maka pukul 11.15 kembaali ke Jagir hingga pukul 13.40. Wira wiri ini membutuhkan kesabaran. Pukul 13.00 dst giliran KS SMPN dan SMAN/SMKN hingga pukul 16.00. Akhirnya besok jam 08.00 hari Selasa, 8 Juli 2014 siap dipasang Pengumuman resmi PPDB SDN yang diketahui Kepala Sispendik Kota Surabaya. Sukses PPDB 2014-2015 berkat kerja sama semua peronal yang ada di SDN Bulak Rukem I. Terima kasih teman-teman Bursa, semoga puasa Anda mendapat berkah daan kesabaran dari Allah SWT. Ayo sabar dan saling menghargai berdasarkan Tupoksi kita masing-masing.
Minggu, 06 Juli 2014
PPDB SDN DITUTUP MINGGU, PUKUL 16.00
Minggu, 6 Juli 2014 PPDB SDN berakhir pukul 16.00. Sebagai Laporan akhir maka :
Jumlah Pendaftar 137 siswa, yang diterima sesuai pagu 120 siswa. Yang mencabut data 15 pendaftar. Hingga pukul 16.00 tinggal dua siswa yang di luar pagu. 1 Dalam kota dan 1 luar kota.
Jumlah Pendaftar 137 siswa, yang diterima sesuai pagu 120 siswa. Yang mencabut data 15 pendaftar. Hingga pukul 16.00 tinggal dua siswa yang di luar pagu. 1 Dalam kota dan 1 luar kota.
Sabtu, 05 Juli 2014
PEMBINAAN PPDB OLEH PENGAWAS
Sabtu, 5 Juli 2014 mulai pukul 08.30 s.d 09.30 di SDN Kenjeran 248 dilaksanakan Pembinaan oleh Pengawas (Drs. H.Arifin) tentang hassil pertemuan Kepala UPTD-BPS, Pengawas TK/SD, Koordinator K3S dengan Kepala Dispendik Kota Surabaya.
Intinya :
Bagi sekolah-sekolah yang pagunya masih kekrangan calon pendaftar dapat menggunakan Surat Keterangan Domisili untuk dapat diterima di SDN. Calon siswa yatim/piatu dapat didaftarkan di SDN, kemudian datanya dibawa ke Dsipendik oleh operator sekolah untuk mendapat canthelan NIK. Warga Surabaya yang sudah lama di Surabaya, tetapi belum memiliki KK Surabaya dapat datang ke SDN yang masih kurang siswanya untuk dapat menikmati fasilitas SDN dengan mendaftar dan nantinya di entrykan oleh operator sekolah ke Dispendik. Sekolah-sekolah diharapkan pro aktif dalam memberikan arahan dan solusi kepada wali murid tentang sekolah mana yang masih kurang daya tampung sesuai pagu dan sekolah mana yang inklusi. Ajak bicara baik-baik dan tunjukkan data-data sehingga mereka tidak berbondong-bondong ke Dispendik. Sekolah yang sudah ditentukan pagunya agar mentaati pagu yang telah disepakati bersama agar sekolah lain yang kekurangan pendaftar dapat terisi sehingga terjadi PEMERATAAN SISWA DI SEMUA SDN
Jumat, 04 Juli 2014
WS KINERJA SEKOLAH
Jumat, 4 Juli 2014 di SDN Bulak Rukem I dengan bimbingan dan arahan Pengawas ( Drs. H. Arifin ) dilaksanakan Workshop Kinerja Sekolah Dasar Negeri. Mulai pukul 08.00 s.d 11.15 yang dihadiri KS dan Guru/Petugas IT melaksanakan proses pencentangan dan penilaian dan validasi oleh Pengawas dan juga melaksanakan pencentangan tugas Pengawas. Banyak bekerja itulah yang terjadi di Workshop. Validasi Kurikulum untuk 7 SDN juga telah dilaksanakan oleh Pengawas, sehingga Kurikulum 2014-2015 untuk Kecamatan Bulak yang terdiri atas TK, SDS, dan SDN telah tuntas dikerjakan dan tinggal minta ttd Dispendik.
PENILAIAN KINERJA SEKOLAH :
1. Terlaksananya kegiatan kurikulum, humas, kesiswaan, sarana, dan keuangan sekolah |
2. Tersusunnya laporan kegiatan kurikulum, humas, kesiswaan, sarana, dan keuangan sekolah |
3...Tersusunnya program kerja kurikulum, humas, kesiswaan, sarana, dan keuangan sekolah |
4. Terlaksananya hubungan harmonis sekolah dengan Stake Holders |
5. Terlaksananya program pembimbingan |
6. Terlaksannya program penilian (Ulangan dan ujian) dengan baik |
7. Tersedianya data siswa/profil siswa secara lengkap |
8. Tersusunnya dokumentasi aset sekolah (Sarpras) |
9. Tersusunnya kurikulum (Dokumen I dan 2) |
10. Tersusunnya pelaporan Keuangan tepat waktu |
11. Tersusunnya Peningkatan kualitas PBM |
12. Tersusunnya program peningkatan mutu siswa |
13. Tersusunnya program rapat dan pembinaan sekolah |
14. Tersusunnya RKT dan RAPBS dengan baik |
15. Tersusunnya administrasi penggunaan keuangan dengan baik |
16. Tersusunnya Terealisasinya Laporan (LPJ) keuangan tepat waktu |
17. Terealisasinya kurikulum wajib baca bagi siswa dan guru |
18. Terlaksananyan Kegiatan ekstra Kurikuler lebih terencana dan terkoordinir |
19. Terlaksananya program dan pelaksanaan 6 k lebih baik |
20. Tersusunnya administrasi bukti-bukti pengeluaran /pembelian barang |
21. Tersusunnya administrasi keuangan di luar BOS dan BOBDA |
22. Tersusunnya administrasi pencatatan dan pembayaran pajak |
23. Tersusunnya administrasi pendistribusian barang |
24. Tersusunnya pemanfaatan program lingkungan sbg bahan ajar |
25. Tersusunnya program KIB dan KIR |
26. Tersusunnya program supervisi dan tindak lanjutnya |
27. Terwujudnya hubungan baik sekolah dengan Komite sekolah |
28. Terlaksananya bimbingan siswa berprestasi di luar PBM |
29. Terwujudnya Mutu akademik siswa lebih meningkat |
30. Terwujudnya Mutu non akademik lebih baik/meningkat |
31. Terwujudnya Tersedinya bimbingan bakat siswa |
PENILAIAN KINERJA PENGAWAS :
2. Memantau pelaksanaan kegiatan Eco School menjadi Sekolah Adi Wiyata |
3. Memantau Pelaksanaan Penegakan kedisiplinan siswa dan tata tertib siswa |
4. Memantau pelaksanaan program perbaikan/remidi dan pengayaan |
5. Memantau Penananganan dan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling |
6. Memantau pengelolaan data prestasi siswa sebagai
bahan publikasi dan pencitraan sekolah |
7. Memantau penyiapan, pengolahan, dan pendokumentasian instrumen penilaian |
8. Memantau rekapitulasi tentang absensi guru dan karyawan |
9. Mengevaluasi laporan berkala dan insidentil tentang
kegiatan ekstra kurikuler, intra kurikuler, mulok dan pengembangan diri |
10.Mensupervisi pengelolaan Administrasi Sekolah dan Akademis |
11.Memantau pembuatan laporan keuangan sekolah secara
berkala disertai berbagai macam bukti pemasukan dan pengeluaran; |
12.Memantau pengadministrasikan berbagai macam bukti
fisik yang berhubungan dengan SPJ BOPDA |
13.Memantau tentang Keuangan sekolah |
14.Membimbing pembuatan dan pengisian buku kas umum , Buku Pembantu |
15.Memantau Analisis ketercapaian Target Kurikulum dan Daya serap |
16.Memantau Pengelolaan dan Pengadministrasian Mutasi siswa |
17.Memantau Pengelolaan Pelaporan Hasil Belajar Siswa |
18.Memantau Pengelolaan Pengadministrasian Sarana Prasarana |
19.Memantau Penyusunan dan Revisi RAPBS |
20.Mengolah Hasil Supervisi Manajerial |
21.Distribusi dan Pengamanan Naskah Soal UN |
22.Memantau Kegiatan Lomba Siswa : Keagamaan, Sain (
Olimpiade, KIR, Festival Bahasa Inggris, Robotik, Cerdas cermat), Olah raga (Futsal, Volley, Takrow dan Seni (Rari Tradisional dan Modern, Cheer, Vocal, Kerawitan, Ludruk anak, Band) |
23.Membimbing penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) setiap mata pelajaran; |
24.Membimbing Pengebangan Program Pembelajaran dan Validasi KTSP |
25.Membimbing Sekolah Binaan dalam Persiiapan Akreditasi |
26.Memverifikasi daftar nominasi Peserta UN |
27.Memverifikasi Daftar Permohonan STTB/Daftar Kelulusan |
28.Pendampingan Implementasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) - |
29.Pendampingan Penyusunan Rencana Kerja Jangka Menengah
dan Rencana Kerja Jangka Satu Tahunan |
30.Pengolahan Nilai Kinerja Kepala sekolah dan Kinerja Guru Guru |
31.Penilaian Kepala sekolah dan Guru Berpreatasi |
32.Verifikasi Surat Keputusan Pembagian Beban Mengajar (SK PBM) |
Kamis, 03 Juli 2014
PPDB LEBIH BERHATI-HATI
Selasa, 1 Juli s.d Rabu, 3 Juli 2014 disibukkan dengan kesalahan 1 calon pendaftar tentang masalah tanggal-bulan-tahun lahir. Dalam PPDB 2014 ada 2 hal yang tidak boleh salah tulis yaitu : ALAMAT KK (RT-RW-Kelurahan-Kecamatan) dan Tanggal lahir siswa secara lengkap. Dua hal inilah menjadi patokan utama dalam sistem perankingan. Bila Salah waktu pembetulan hampir 3 hari, karena harus mengikuti prosedur :
1. Membawa data-data yang salah di Dispendik
2. Mengajukan Surat permohonan langsung di ttd di Dispendik
3. Sering telepon dan SMS
4. Saaaabaaaar. Sabar menghadapi wali murid dan sabar menghubungi Petugas Dispendik.
Bila kesaalahan memasukkkan NIK siswa lebih fatal karena mengakibatkan orang lain dengan NIK yang sama tidak dapat mendaftar. Walau NIK tidak mempengaruhi perankingan. Para petugas entry data selalu pro aktif bila ada kesalahan dan segera memberitahukan pada KS. Selanjutnya KS mengambil langkah untuk koordinasi dengan dua MAS yaitu Mas Galuh dan Mas Aji. Dua orang ini merupakan tokoh andalan dalam mengemban amanah PPDB SD 2014 hingga sukses. Semoga ilmu beliau bermanfaat untuk kita semua.
Selasa, 01 Juli 2014
BEGADANG KINERJA DENGAN MAS AJI DAN MAS GALUH
Sabtu, 28 Juni2014 s.d Senin, 30 Juni 2014 KS menilai Kinerja Guru, namun ada kendala yaitu : Sampai Sabtu, 23.00 ternyata teman PNS belum mencentang Validasi. Ini menurut berita SMS Mas Aji Sabtu Malam. Sampai Minggu teman-teman ada yang baru nyentang validasi. Senin pagi datang ke Dispendik menemui Mas Galuh. Jika malam hari Nilai guru PNS sudah di validasi KS tetapi belum di validasi guru, aklhirnya direset mas Aji (Minggu). Senin, 30 Juni 2014 gantian minta direset Februari. Sampai pukul 13.00 (Senin) KS mencentang di Jagir, trus ke Sekolah. Dengan demikian nilai Kinerja guru PNS, SDN Bulak Rukem I dapat dikerjakan lagi 30 Juni hingga 1 Juli 2014. Terima kasih pada Mas AJI dan Mas GALUH, juga teman-teman PNS.