SELAMAT BEKERJA-KERJA-IKHLAS

Senin, 19 September 2016

TIMEPLEASE

Minggu, 18 September 2016 di halaman Kantor Kwarcab Surabaya dilaksanakan Kreativitas siaga Putra dan putri yang mewakili masing-masing Kwarran. Ada 62 Barung pa dan pi. Pembina Perindukan Siaga Kak Mariam (Sekretaris Kwarcab Surabaya) menyampaikan akan pentingnya kreativitas siswa yang usianya 7 - 10 tahun. Di sampung itu juga diadakan Program Timeplease yang diikuti perwakilan dari Kwarran antara 10 - 15 Pembina di Lantai atas Gedung Kwarcab Surabaya. Pembina yang hadir diperkirakan 300 undangan. Belum lagi Penegak dan Pandega yang menjaga di arena kegiatan. Acara Time Please menampilkan wakil dari Kwarnas. Acara diperkirakan berakhir pukul 13.00. Untuk Barung Putra Kwarran Bulak mendapat juara Harapan 2.







































Materi Time Please :
TimePlease Booklet
1.    Nama Program :
Time Please–Waktunya Beraksi
2.    Apa itu Time Please–Waktunya Beraksi
Time Please-Waktunya Beraksi adalah sebuah program yang berupaya menginspirasi anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sukarela guna memajukan komunitas dan lingkungan di sekitar mereka yang dilakukan bersama dengan keluarga.
Disney menciptakan kegiatan ini untuk mendorong anak-anak agar dapat merasakan manfaat dari kegiatan kesukarelawanan dan berbagi dengan sesama.
Gagasan ini dikemas sebagai sebuah kompetisi antar sekolah ataupun intrasekolah yang ditujukan bagi anakanak agar mereka termotivasi untuk berpartisipasi.
Anak-anak (usia 7-15 tahun / Siaga & Penggalang) dapat ikut serta dan mengajak mengajak anggota keluarga mereka sebanyak mungkin untuk memulai proyekproyek yang nantinya akan menjadi bagian dari kegiatan kesukarelawanan sekolah. Setiap anak dan sekolah dapat memilih sebuah kegiatan yang berkaitan dengan salah satu atau beberapa bidang, seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, atau konservasi dan lingkungan.
Indonesia merupakan negara yang besar dan beraneka ragam, sehingga setiap sekolah dapat memutuskan untuk fokus pada bidang lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan komunitas setempat.
3.    Apa Tujuan Pelaksanaan Time PleaseWaktunya Beraksi?
Nilai kekeluargaan dan peran serta komunitas merupakan inti dari setiap kisah dan karakter Disney. Hal-hal tersebut juga menjadi nilai utama yang dipegang teguh oleh Gerakan Pramuka. Kedua organisasi ini percaya akan pentingnya belajar berbagi kepada sesama bagi anak-anak dan memahami dampak-dampak positif dari kegiatan kesukarelawanan yang dilakukan.
Sangatlah penting untuk menginspirasi serta mengajak murid-murid untuk lebih mengenal nilai-nilai tersebut. Hal inilah yang melatarbelakangi dicetuskannya program Time Please-Waktunya Beraksi sebagai sebuah kompetisi di tahap awal.
4.    Mengapa kamu harus berpartisipasi dalam Time Please-Waktunya Beraksi?
Kita semua adalah bagian dari komunitas yang turut bertanggung jawab untuk kesejahteraan sesama. Kita semua berkewajiban untuk memberikan timbal balik bagi komunitas sekitar serta mengajarkan nilai-nilai kekeluargaan kepada murid-murid melalui aktivitas sederhana seperti Time Please - Waktunya Beraksi.
Kegiatan ini dapat membantu mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan murid. Seluruh anggota Pramuka di Indonesia akan turut berpartisipasi dalam kegiatan inisiatif yang akan memberikan berbagai dampak positif bagi lingkungan dan komunitas sekitar.
5.    Siapa saja yang dapat turut berpartisipasi?
Setiap murid yang berusia 7 hingga 15 tahun dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini melalui proyek-proyek yang diadakan oleh inisiatif anak atau kelas/sekolah untuk memulai perubahan dalam lingkungan mereka.
Setiap murid dapat mengajak orang tua, kakek-nenek, paman-bibi, saudara-saudara, tetangga, maupun anakanak yang berbeda sekolah dan tidak berpartisipasi diproyek sekolahnya untuk menjadi anggota tim dalam mengikuti kegiatan Time Please-Waktunya Beraksi.
6.    Kapan Waktu Pelaksanaan Time Please– Waktunya Beraksi?
Time Please-Waktunya Beraksi akan dimulai pada 14 Agustus 2016 (Hari Pramuka) hingga 10 November 2016 (Hari Pahlawan). Setiap anak dapat melakukan proyek sebanyak mungkin dalam kurun waktu tersebut.
7.    Di mana Pelaksanaan Time Please – Waktunya Beraksi?
Pada tahun pertama, program ini akan dilaksanakan di 5 kota di Indonesia yaitu, Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Medan.
Setiap sekolah dari kota-kota tersebut dapat ikut serta. Area yang dipilih akan disesuaikan dengan apa yang dapat dilakukan dengan mudah oleh murid sekolah serta keluarga yang bersangkutan.
8.    Bagaimana Cara Untuk Berpartisipasi?
a.Cara Pendaftaran
Kepala Sekolah, Ketua Pramuka, maupun Murid dari setiap sekolah dapat mendaftarkan diri dan sekolah mereka di www.timeplease.id
Proses pendaftaran terdiri dari beberapa langkah mudah yang tertera di halaman resmi www.timeplease.id dan pendaftaran online dapat dilakukan dengan cepat dan dalam waktu yang cukup singkat.
Beberapa informasi yang diperlukan untuk proses pendaftaran diantaranya adalah:
§  Nama depan
§  Nama belakang
§  No. Gugus Depan Pramuka
§  Nama Sekolah
§  Provinsi & Kota
Jika sekolah tidak dapat mendaftarkan diri secara online, sekolah dapat mengirimkan keterangan yang dibutuhkan ke Ketua Pramuka di masing-masing kota.
b.Cara Memulai program
Kepala Sekolah atau Ketua Pramuka dari sekolah dapat memilih salah satu program dari 10 pilihan program GAUL (Gerakan Aksi Untuk Linkungan). Mereka dapat mulai menghimbau murid-murid untuk berpartisipasi serta mengajak keluarga mereka untuk ikut serta dalam proyek tersebut.
Pihak sekolah dapat menentukan waktu, proses pelaksanaan, serta lokasi kegiatan. Anak-anak dapat mengajak seluruh anggota keluarga mereka (yang berusia diatas 7 tahun) untuk turut berpartisipasi.
c. Program-Program Yang Termasuk dalam Time Please – Waktunya Beraksi
Merujuk kepada 10 Program GAUL Gerakan Pramuka
1.      Gaul Hijau: Aksi penghijauan & berbagi bibit
Contoh: berbagi bibit tanaman, menanam pohon, menyelamatkan terumbu karang, dan lainnya.
2.      Gaul Ulang: Aksi daur ulang dan pengolahan sampah
Contoh: pembuatan kompos, dan efisiensi energi, melakukan daur ulang sampah dengan pemanfaatan botol bekas atau material lain yang bisa dijadikan barang guna lain seperti bangku, tempat sampah dan lainnya.
3.      Gaul Darat: Aksi kerja bakti untuk fasilitas umum
Contoh: kerja bakti untuk lingkungan baik di sekolah, di sekitar rumah, di pasar, dan sarana umum lainnya.
4.      Gaul Wisata: Aksi bersih dan info wisata
Contoh: kampanye lingkungan dengan membuat signboad nama-nama tanaman, papan peringatan, poster himbauan menjaga tempat wisata, papan petunjuk, spanduk, dan lainnya.
5.      Gaul Sorak: Aksi keliling untuk kampanye sosial
Contoh: kampanye berkelompok untuk mensosialisasikan program lingkungan ke masyarakat.
6.      Gaul Pentas: Aksi menghibur masyarakat umum
Contoh: aksi dan games yang menghibur dan bersifat positif bagi masyarakat di area umum seperti melakukan pertunjukan untuk menghibur masyarakat yang berada disekitarnya.
7.      Gaul Ilmu: Aksi memberikan pelatihan umum
Contoh: memberikan pelatihan keterampilan kepada warga kurang mampu, pengemis, pengamen jalanan, dan sebagainya.
8.      Gaul Lintas: Aksi membantu mengatur lalu lintas
Contoh: memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban lalu lintas untuk pengguna jalan.
9.      Gaul Info: Aksi membuat papan informasi
melakukan kampanye lingkungan dengan membuat signboad nama-nama tanaman, papan peringatan, papan petunjuk, dan lainnya.
10. Gaul Energi: Aksi menghemat energi
Contoh: pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda, menghemat energi listrik dengan mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan, mematikan lampu atau menggunakan lampu dengan watt yang lebih kecil saat tidur.
Berikut adalah beberapa contoh kegiatan lainnya yang dapat dilakukan:
§  Kesehatan & Sanitasi
(Mohon mengurus izin sebelum melaksanakan kegiatan)
§  Membersihkan lingkungan sekolah,
§  membersihkan lingkungan di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, taman, atau taman bermain,
§  meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu-isu sampah,
§  meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan,
§  membersihkan lingkungan sekitar tempat-tempat bersejarah,
§  meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesehatan seperti demam berdarah, malaria, dan lain-lain,
§  meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pola makan yang sehat,
§  meningkatkan kesadaran tentang pentingnya berolahraga dan gaya hidup sehat di masyarakat,
§  meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan & perawatan tubuh di antara muridmurid sekolah,
§  mengumpulkan dana untuk Lembaga Sosial masyarakat untuk mendukung peningkatan kesadaran masalah kesehatan atau sanitasi,
§  ide-ide lainnya seperti membantu meningkatkan kegiatan dibidang kesehatan dan sanitasi di kota tempat tinggal.

§  Lingkungan dan Konservasi
§  Menanam pohon di area sekolah,
§  menanam pohon di lingkungan komunitas dan tempat-tempat umum seperti rumah sakit dan taman kota,
§  membersihkan taman dan tempat-tempat umum,
§  meningkatkan kesadaran tentang isu-isu lingkungan seperti polusi udara, air dan suara,
§  meningkatkan kesadaran tentang konservasi air,
§  meningkatkan kesadaran untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan memilih menggunakan kendaraan umum guna mengurangi polusi udara,
§  meningkatkan kesadaran tentang konservasi Badak Sumatera,
§  meningkatkan kesadaran tentang konservasi Harimau Sumatera,
§  meningkatkan kesadaran tentang keberadaan pemburu dan transaksi pembelian organ hewan langka (contoh: tanduk badak atau kulit harimau),
§  meningkatkan kesadaran terhadap deforestasi,
§  meningkatkan kesadaran terhadap kebakaran hutan yang berdampak pada lingkungan dan keberadaan hewan,
§  mengumpulkan dana untuk mendukung kegiatan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bekerja pada isu-isu lingkungan atau konservasi.

§  Literasi / Pendidikan
§  Membantu anak-anak dalam komunitas untuk belajar membaca dan menulis,
§  bekerja sama dengan sekolah kurang mampu di daerah dan mendukung kegiatan mereka dengan cara-cara yang memungkinkan,
§  membantu siswa dari keluarga kurang mampu untuk terus bersekolah,
§  meningkatkan kesadaran dalam komunitas akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak,
§  meningkatkan kesadaran akan literasi digital,
§  mengajarkan coding melalui Code.org/mc yang didukung oleh mitra teknologi kami yaitu, Microsoft,
§  membantu orang tua untuk belajar menggunakan komputer dan ponsel.

§  Kesadaran Sosial
§  Meningkatkan kesadaran terkait isu-isu sosial yang penting (contoh: perawatan bagi lansia atau fasilitas untuk orang dengan disabilitas),
§  memulai kampanye sosial terkait isu-isu literasi dan lingkungan,
§  membuat video atau mengambil gambar untuk menyebarkan kesadaran sosial akan masalah yang dipilih untuk tim sekolah,
§  membangun kesadaran masyarakat tentang keselamatan dalam berkendara atau keselamatan di jalan raya,
§  membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar,
§  membangun kesadaran pada topic social lainnya yang penting bagi lingkungan sekolah.

d.Bagaimana Menghitung Jam Pelayanan
Setiap kali murid yang berpartisipasi dalam kegiatan kerelawanan, mereka dapat mendaftarkan jumlah waktu yang mereka kontribusikan pada proyek yang dilakukan.
Contoh: Jika seorang murid memulai kegiatannya pada pukul 10.00 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB, maka ia telah melakukan dua jam kegiatan kerelawanan (2 jam dikali satu anggota).
Namun, apabila anak melakukan kegiatan tersebut dengan dua anggota keluarga lainnya dalam jangka waktu yang sama, maka anak itu dapat mendaftarkan waktu kerelawanan selama 6 jam (2 jam dikalikan dengan 3 anggota).
e.Tata Cara Melaporkan Jumlah Waktu Kerelawanan
§  Tanggal
Masukkan tanggal saat melakukan kegiatan.
§  Kategori
Memilih program dari 10 program GAUL.
§  Judul
Masukan judul kegiatan yang dilakukan.
§  Deskripsi
Menjelaskan kegiatan apa yang telah lakukan contohnya membersihkan taman / jalan, menanam pohon, atau kegiatan-kegiatan lainnya.
§  Lokasi
Tempat melakukan kegiatan kerelawanan.
§  Jumlah Jam Kerelawanan
Jumlah waktu dari kegiatan kerelawanan yang dilakukan oleh murid dan keluarga.
§  Jumlah Anggota Tim
Mencantumkan nama dan hubungan dengan murid.
§  Gambar/ Foto
Gambar/foto diperlukan sebagai bukti kompetisi. Gambar/foto yang diunggah maksimal 3 buah dan harus jelas serta menunjukkan peserta sedang melakukan kegiatan kerelawanan yang sebenarnya.
Gambar/foto akan dimasukkan ke dalam galeri situs setelah dipilih oleh admin. Tidak semua gambar akan ditampilkan di dalam situs sehingga semua murid diminta untuk menyimpan gambar sampai pemenang diumumkan.
f.   Kategori pemenang & Penentuan Pemenang Tingkat Lokal dan Nasional
Kategori Pemenang
§ Individual
Pengumpulan waktu sukarelawan tertinggi oleh seorang murid dan keluarga.
§ Sekolah Dengan Pengumpulan Waktu Terbanyak
Pengumpulan total waktu sukarelawan terbanyak oleh seluruh murid dari tiap sekolah.
§ Aktivitas Sekolah Dengan Dampak Sosial Tertinggi
Kegiatan yang mempunyai dampak besar kepada lingkungan sekitarnya.
§ Aktivitas Sekolah Paling Kreatif
Kegiatan yang dilakukan sekolah dengan kreatifitas terbaik.
§ Aktivitas Sekolah Dengan Dampak Lingkungan & Konservasi Terbaik
Kegiatan sekolah dengan dampak lingkungan dan konservasi terbaik.
Hadiah & Penghargaan Tingkat Kota
§ Kategori Individual
§ Sekolah Dengan Pengumpulan Waktu Terbanyak
§ Aktivitas Sekolah Dengan Dampak Sosial Tertinggi
§ Aktivitas Sekolah Paling Kreatif
Semua pemenang tingkat kota ditiap kategori akan menerima Piala Time Please-Waktunya Beraksi.
Hadiah & Penghargaan Tingkat Nasional
§ Individual
Piala Time Please-Waktunya Beraksi dan paket liburan bersama keluarga ke Hong Kong Disneyland selama 3 hari 2 malam untuk 4 orang.
§ Sekolah Dengan Pengumpulan Waktu Terbanyak
Piala Time Please-Waktunya Beraksi dan pembangunan fasilitas sekolah senilai Rp. 50.000.000,-
§ Aktivitas Sekolah Dengan Dampak Sosial Tertinggi
Piala Time Please-Waktunya Beraksi dan pembangunan fasilitas sekolah senilai Rp. 50.000.000,-
§ Aktivitas Sekolah Paling Kreatif
Piala Time Please-Waktunya Beraksi dan pembangunan fasilitas sekolah senilai Rp. 50.000.000,-
§ Aktivitas Sekolah Dengan Dampak Lingkungan & Konservasi Terbaik
Piala Time Please-Waktunya Beraksi untuk sekolah dan paket liburan bersama keluarga ke Orlando USA Disneyland selama 4 hari 3 malam untuk 5 orang.
Seluruh peserta yang melakukan registrasi akan menerima E-sertifikat yang akan diberikan kepada seluruh peserta yang berpartisipasi dengan memberikan kontribusi minimal 1 (satu) jam pelayanan dalam program kerelawan Time Please – Waktunya Beraksi.
g.Waktu Pelaksanaan di Kota-Kota Lain
Program ini secara bertahap akan diperluas ke seluruh kota di Indonesia.
9.    Media Sosial dan Situs
Facebook
:
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
Twitter
:
@kwarnas
Instagram
:
@gerakanpramuka
YouTube
:
Gerakan Pramuka
#TimePlease
#WaktunyaBeraksi
#GaulPramuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar