Rabu, 20 Juli 2016 di ITS Surabaya
Tes Toefl dengan 50 soal Listening yaitu mendengarkan suara
kaset, peserta menjawab di LJK dengan jawaban ada di buku, Setiaon 2 dalam
waktu 25 menit mengerjakan soal Writing sebanyak 40 soal (15 soal struktur dan 25 soal memilih
kata yang salah dalam satu kalimat yang sudah diberi garis bawah, dan terakhir
dalam waktu 55 menit mengerjakan 50 soal tentang Reading yaitu bacaan beberapa
alinea/paragraph dengan pertanyaan sesuai paragraph atai kata bergaris di Line
tertentu untuk dicari padanannya. Dimulai pukul 13.00 dan selesai 15.30.
Soal Toefl adalah kebiasan berbahasa Inggris sehari-hari,
pemahaman Vocabolary/Grammar, sering mendengar orang asing berbicara cepat atau
nonton TV berbahasa Inggris tanpa terjemahan. Kalau sekedar mengejar angka atau
nilai TOEFL tidak akan pernah berhasil.
Umum Sebelum Mengikuti Tes TOEFL
Tes TOEFL
Per-section
A. Tes TOEFL Listening Comprehension
B. Tes TOEFL Structure And Written
Expression
C. Tes TOEFL Reading Comprehension
Umum Sebelum Mengikuti Tes TOEFL
1.
Sangat penting Anda memiliki pengetahuan tentang bahasa Inggris sebelum memulai persiapan TOEFL.
Semakin tinggi tingkat penguasaan bahasa Inggris Anda, harapannya semakin besar
pula mendapatkan level yang tinggi.
2.
Gunakan waktu yang cukup untuk persiapan tes TOEFL Anda. Mulailah segera setelah Anda
memutuskan untuk mengikuti tes.
3.
Mengembangkan program studi dan mengikuti program yang sudah
dibuat. Studi secara teratur (setiap hari). Jangan mencoba untuk mempelajari
segala sesuatu tepat sebelum ujian. Hal ini
tidak efektif.
4.
Cobalah untuk menyelami bahasa Inggris lebih dalam. Misalnya,
menonton TV berbahasa Inggris, film, mendengarkan radio bahasa Inggris, membaca
berbagai teks bahasa Inggris. Manfaatnya untuk meningkatkan pemahaman membaca
dan mendengarkan. Berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris sebanyak yang Anda
bisa. Tidak ada salahnya juga jika Anda harus berbicara kepada diri sendiri di
depan cermin. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kefasihan Anda.
5.
Meningkatkan pembendaharaan kosakata (vocabulary).
Anda akan membutuhkannya pada setiap tahap tes TOEFL. Sistematis menambahkan
kata-kata baru ke wordlist Anda. Cobalah untuk mengingatnya, dan yang lebih
penting, gunakan mereka ketika berbicara atau menulis.
6.
Mengidentifikasi sisi lemah Anda dan bekerja lebih keras untuk
memperbaikinya. Sebagai contoh, jika Anda merasa keterampilan terlemah Anda
menulis, mulailah menulis lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Cobalah
untukmenulis dalam
bahasa Inggris.
7.
Buatlah manajemen waktu belajar Anda. Coba kurangi waktu untuk
tugas-tugas tertentu agar lebih fokus dalammateri TOEFL.
8.
Belajarlah untuk mendengarkan dan membaca petunjuk yang
diberikan pada masing-masing komponen TOEFL dengan hati-hati.
10.
Tes TOEFL® bisa dikatakan sukar. Di sana terdapat banyak soal
yang mengecoh. Selain itu, waktu yang tersedia sangat pendek. Dalam waktu 130
menit harus mengerjakan 140 soal dan mengerjakan esai 300 kata dalam waktu 30
menit. Untuk ujian listening, peserta ujian harus mengerahkan konsentrasi
karena percakapannya sangat cepat, sering tidak jelas, dan hanya diputar satu
kali. Pemahaman Anda tentang tata bahasa Inggris akan sangat berperan.
Hati-hati dengan tipe soal penjebak. Penulis tes TOEFL® seringkali menggunakan
pengecoh (distractor) yang membuat jawaban salah menjadi kelihatan benar.
Karena itu, Anda harus berusaha memahami soal beserta pilihan jawabannya dengan
cermat. Jangan sampai Anda terjebak oleh pengecoh dalam soal.
11.
Kenali tes tersebut sedini mungkin mengenai kemampuan apa saja
yang akan diujikan dalam tes TOEFL®. Mempelajari terlalu banyak materi dalam
waktu singkat bukanlah teknik efektif dalam menghadapi tes TOEFL®.
12.
Topik pembicaraan dalam soal tes TOEFL® biasanya didasarkan pada
sejarah Amerika Serikat atau negara lain tempat bahasa Inggris digunakan dan
lingkungan sosialnya. Karena itu, orang yang telah memahami tentang sejarah
Amerika dan lingkungan di sana akan lebih diuntungkan.
13.
Soal-soal TOEFL® tidak akan menggunakan
permasalahan-permasalahan kontroversial yang berkaitan dengan soal agama, kematian,
perbedaan politik, perselisihan sejarah, kejahatan, dan topik-topik yang
berhubungan dengan masalah etnis.
14.
Tentukan tujuan-tujuan dan pastikan bahwa Anda telah memiliki
target kesuksesan. Dalam tes TOEFL®, masing-masing kemampuan anggaplah memiliki
porsi yang sama. Pelajari masing-masing kemampuan tersebut dengan hati-hati dan
luangkan waktu lebih untuk mempelajari kemampuan yang Anda anggap sulit atau
tidak Anda kuasai dengan baik.
15.
Perhatikan baik-baik prosedur pelaksanaan tes. Pastikan Anda
cukup memahami apa yang harus dilakukan setiap bagian (section), seberapa
panjang dan spesifik tipe-tipe pertanyaan yang disajikan. Ada banyak sumber
tersedia yang dapat membantu Anda berlatih.
16.
Belajarlah secara berpasangan atau tim sehingga dimungkinkan
Anda mendapat ide-ide segar yang belum Anda ketahui dari mereka.
17.
Carilah bantuan atau arahan dari para guru, teman, dan native
speakers.
18.
Jangan menyia-nyiakan kesempatan. Jika Anda tidak mengetahui di
mana tes TOEFL® diselenggarakan, berusahalah untuk mencari tahu sebelum tes
berlangsung.
19.
Pastikan semua yang Anda butuhkan dalam tes sudah Anda
persiapkan dan dibawa pada pagi harinya, misalnya formulir pendaftaran, kartu
identitas, nomor tes, pena, pensil, dan penghapus. Cek artikel-artikel apa saja
yang Anda perlakukan berkaitan dengan tes. Aktifkan alarm Anda pada malam
sebelum tes.
20.
Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk tidur, sarapan, dan
minum. Makan pagi yang baik. Jangan makan makanan yang akan mengganggu
aktivitas pagi itu, misalnya terlalu pedas atau asam. Jika diperlukan, bawalah
beberapa makanan ringan atau minuman yang dapat Anda santap jika diberikan
waktu istirahat. Namun, jangan membawa makanan dan minuman tersebut dalam ruang
tes apalagi menyantapnya. Pakailah jam tangan agar Anda dapat mengukur waktu
pengerjaan tes.
21.
PRAKTIK,
PRAKTIK, PRAKTIK. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik.
Tes TOEFL
Per-section
A. Tes TOEFL Listening Comprehension
Kunci umum
1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sbelum hari H ujian.
2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).
3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan focuskan perhatian anda pada percakapan yang sedang anda dengarkan.
4. Memaksimalkan kemampuan listening anda pada soal-soal pertama pada masing part.
1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sbelum hari H ujian.
2. Bacalah pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang membacakan direction dan contoh soal (example).
3. Dengarkan dengan penuh konsentrasi dan focuskan perhatian anda pada percakapan yang sedang anda dengarkan.
4. Memaksimalkan kemampuan listening anda pada soal-soal pertama pada masing part.
Part A: short conversation
5. Fokuskan pendengaran anda pada orang kedua.
6. Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
7. Bila anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang anda dengar.
8. Pahami bentuk-bentuk funtional expresion (agreement [persetujuan]), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (sugesti), surprise(keterkejutan)), idiomatic, expression , dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.
5. Fokuskan pendengaran anda pada orang kedua.
6. Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi percakapan.
7. Bila anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang anda dengar.
8. Pahami bentuk-bentuk funtional expresion (agreement [persetujuan]), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (sugesti), surprise(keterkejutan)), idiomatic, expression , dan situasi ketika pembicaraan dilakukan.
Part B: longer conversation
9. Ketika narator membacakan direction part B anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memeperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
10. Ketika menyimak conversation, anda harus mengetahui apa tema/topik yang dibicarakan.
11. Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
12. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.
9. Ketika narator membacakan direction part B anda sebaiknya membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian merekamnya dan memeperkirakan tema apa yang akan menjadi perbincangan.
10. Ketika menyimak conversation, anda harus mengetahui apa tema/topik yang dibicarakan.
11. Waspadalah terhadap masing-masing pertanyaan.
12. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung, yakni menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.
Part C: talks
13. Bila anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
14. Waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
15. Fokuskan pendengaran anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5 –W (what, who, when, where, why ) dan How.
16. Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
13. Bila anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya.
14. Waspadailah pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi kalimat-kalimat selanjutnya.
15. Fokuskan pendengaran anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5 –W (what, who, when, where, why ) dan How.
16. Buatlah kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
B. Tes TOEFL Structure And Written
Expression
Kunci umum
1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sbelum hari H ujian.
2. Kerjakan soal-soal struktur terlebih dahulu.
3. Lanjutkan pada soal-soal written expression
1. Pahami bentuk-bentuk perintah (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik sbelum hari H ujian.
2. Kerjakan soal-soal struktur terlebih dahulu.
3. Lanjutkan pada soal-soal written expression
Kunci structure
4. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.
5. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlan yang paling tepat untuk menelngkapi kalimat yang dipersoalkan.
6. Jangan pernah mengiliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.
7. Pertama-tama perhatikan kata atau kelompk kata yang digaris bawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.
8. Bila soal yang anda hadapi tidak bisa diidentifikasi hanya melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.
4. Pertama-tama perhatikan kalimat yang dipertanyakan dalam soal.
5. Perhatikan masing-masing jawaban yang tersedia, pilihlan yang paling tepat untuk menelngkapi kalimat yang dipersoalkan.
6. Jangan pernah mengiliminasi sebuah pilihan jawaban dengan hanya melihat pada jawaban tanpa melihat kalimat soal.
7. Pertama-tama perhatikan kata atau kelompk kata yang digaris bawahi dan temukan secara cepat bagian mana yang tidak tepat.
8. Bila soal yang anda hadapi tidak bisa diidentifikasi hanya melihat kata atau kelompok kata yang bergaris bawah, segeralah membaca kalimat secara lengkap.
C. Tes TOEFL Reading Comprehension
Kunci umum
1. Jangan terlalu lama membaca teks bacaan.
2. Perhatikan semua pertanyaan yang terdapat pada sebuah bacaan dan ingat-ingat kata kuncinya.
3. Jangan panik apabila tema bacaan bukan merupakan disiplin ilmu yang anda kuasai.
4. Lakukan previewing untuk mengetahui topik bacaan.
5. Perhatikan kalimat pertama dari sebuah bacaan paragraf untuk mengetahui main idea.
6. Pahami konteks yang terdapat pada bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu.
7. Lakukan scanning untuk menemukan informasi tertentu yang berkaitan dengan permintaan soal.
8. Kumpulkan fakta dan data dalam bacaan untuk melakukan inferasi/ penyimpulan.
9. Berkonsentrasi selama membaca teks bacaan.
10. Tingkatkan kecepatan membaca anda.
1. Jangan terlalu lama membaca teks bacaan.
2. Perhatikan semua pertanyaan yang terdapat pada sebuah bacaan dan ingat-ingat kata kuncinya.
3. Jangan panik apabila tema bacaan bukan merupakan disiplin ilmu yang anda kuasai.
4. Lakukan previewing untuk mengetahui topik bacaan.
5. Perhatikan kalimat pertama dari sebuah bacaan paragraf untuk mengetahui main idea.
6. Pahami konteks yang terdapat pada bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu.
7. Lakukan scanning untuk menemukan informasi tertentu yang berkaitan dengan permintaan soal.
8. Kumpulkan fakta dan data dalam bacaan untuk melakukan inferasi/ penyimpulan.
9. Berkonsentrasi selama membaca teks bacaan.
10. Tingkatkan kecepatan membaca anda.
Contoh Soal Section : 3
Jumlah Soal 50, waktu 55 menit
SECTION 3
READING COMPREHENSION
Time-55 minutes
(including the reading of the directions)
Now set your clock for 55 minutes.
This section is designed to measure the ability
to read and understand short passages similar in topic and style to those found
in North American universities and colleges.
Directions: In this section you will read
several passages. Each one is followed by a number of questions about it. You
are to choose the one best answer, A, B, C or D, to each question. Then, on
your answer sheet, find the number of the question and fill in the space that
corresponds to the letter of the answer you have chosen.
Answer all questions about the information in a
passage on the basis of what is stated or implied in
that passage.
Read the following passage:
John Quincy Adams, who served as the sixth
president of the United States from 1825 to 1829, is today recognized for his
masterful statesmanship and diplomacy. He dedicated his life to public service,
both in the presidency and in the various other political offices that he held.
Throughout his political career he demonstrated his unswerving belief in
freedom of speech, the antislavery cause, and the right of Americans to be free
from European and Asian domination.
Example I
To what did John Quincy Adams devote his life?
(A) Improving his personal life
(B) Serving the public
(C) Increasing his fortune
(D) Working on his private business
According to the passage, John Quincy Adams
"dedicated his life to public service." Therefore, you should choose
(B).
Example II
In line 4, the word "unswerving" is
closest in meaning to
(A) movable
(B) insignificant
(C) unchanging
(D) diplomatic
The passage states that John Quincy Adams
demonstrated his unswerving belief "throughout his career." This
implies that the belief did not change. Therefore, you should choose (C).
Now begin work on the questions.
Questions 1-9
Carbon tetrachloride is a colorless and
inflammable liquid that can be produced by combining carbon disulfide and
chlorine. This compound is widely used in industry today because of its
effectiveness as a solvent as well as its use in the production of propellants.
Despite its widespread use in industry, carbon
tetrachloride has been banned for home use. In the past, carbon tetrachloride
was a common ingredient in cleaning compounds that were used throughout the
home, but it was found to be dangerous: when heated, it changes into a
poisonous gas that can cause severe illness and even death if it is inhaled.
Because of this dangerous characteristic, the United States revoked permission
for the home use of carbon tetrachloride in 1970. The United States has taken
similar action with various other chemical compounds.
1. The main point of this passage is that
A. carbon tetrachloride can be very dangerous
when it is heated
B. the government banned carbon tetrachloride
in 1970
C. although carbon tetrachloride can legally be
used in industry, it is not allowed in home products.
D. carbon tetrachloride used to be a regular
part of cleaning compounds
2. The word “widely” in line 2 could most
easily be replaced by
A. grandly
B. extensively
C. largely
D. hugely
3. The word “banned” in line 4 is closest in
meaning to
A. forbidden
B. allowed
C. suggested
D. instituted
4. According to the passage, before 1970 carbon
tetrachloride was
A. used by itself as a cleanser
B. banned in industrial use
C. often used as a component of cleaning
products
D. not allowed in home cleaning products
5. It is stated in the passage that when carbon
tetrachloride is heated, it becomes
A. harmful
B. colorless
C. a cleaning compound
D. inflammable
6. The word “inhaled” in line 7 is closest in
meaning to
A. warmed
B. breathed in
C. carelessly used
D. blown
7. The word “revoked” in line 8 could most
easily be replaced by
A. gave
B. granted
C. instituted
D. took away
8. It can be inferred from the passage that one
role of the U.S. government is to
A. regulate product safety
B. prohibit any use of carbon tetrachloride
C. instruct industry on cleaning methodologies
D. ban the use of any chemicals
9. The paragraph following the passage most
likely discusses
A. additional uses of carbon tetrachloride
B. the banning of various chemical compounds by
the U.S. government
C. further dangerous effects of carbon
tetrachloride
D. the major characteristic of carbon
tetrachloride
KELEMAHAN TES TOEFL adalah :
1. Tema bacaan dan permasalahan tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang kita miliki.
2. Karaktersitik Budaya yaitu tidak meng-Indonesia
3. Narator bukan orang Indonesia.
SARAN :
1. Harus ada keberanian bangsa Indonesia, khususnya Perguruan Tinggi atau lembaga TOEFL untuk membuat soal-soal berdasarkan Disiplin Ilmu Calon Peserta Toefl.
2. Soal-soal lebih mengarah kepada budaya dan situasi yang ada di negara kita
3. Narator (Native Speker) adalah orang Indonesia, sehingga telinga kita lebih peka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar