Laman

Rabu, 31 Desember 2014

AKHIR TAHUN MASIH HARUS BEKERJA

Rabu, 31 Desember 2014 harusnya KS, BENDAHARA, TU, ADMIN SUDAH ISTIRAHAT. Ternyata sampai pukul 14.00 baru selesai ngeprint dan membenahi kesalahan. Jadinya pukul 14.30 kelar. Hari ini juga Buku K-13 Semester I yang kurang kirim, sudah datang dan diantar oleh JP Books. Terima kasih pada semua dan mohon maaf, hari ini Istirahat dari Sekolah. Selamat Tahun Baru 2015.





Selasa, 30 Desember 2014

BOSNAS ONLINE DITULIS 3 KALI

Selasa, 30 Desember 2014. Hingga pukul 18.00 sudah 3 kali TU memasukkan dan mendelet dan menulis ulang Bosnas TW 4. Ini tidak biasanya dan di luar sekenario awal bahwa paling tidak tanggal 29 Desember 2014 yang merupakan batas akhir pengumpulan K-7 sudah kelar. Mengganti pasword merupakan satu-satunya cara agar apa yang telah dikerjakan dapat diakses dengan Sukses. Hari ini pula buku Semester I terbitan JP Book sedang diurus proses Penerimaan dan Pembayaran agar terjadi Syncronisasi. Pukul 18.07 BOSNAS SELESAI.

Senin, 29 Desember 2014

MENANDATANGANI BERITA ACARA PENERIMAAN BUKU SEMESTER II

Senin, 29 Desember 2014 mulai pukul 08.00 s.d selesai, Kepala SDN dan SDS Penerima Buku Kurikulum 2013 Semester II berkumpul di Dispendik untuk menandatangani 8 Lembar berita Acara dengan tulisan tangan. Lima lembar berisi data yang sama tapi riil buku yang diterima. Dua lembar Surat Jalan dan satu lembar pernyataan ber meterai. Buku sebenarnya sudah ada sejak 23 Desember 2014 di lima wilayah UPTD BPS di Surabaya. Pembagian dimulai dari SDN hingga 24 Desember. Tanggal 26-27 Desember disusul SDS. Sebenarnya semua sekolah sudah menerima buku, dan mengirim surat pernyataan bermeterai. Entah mengapa... hari ini harus menulis secara riil. Ini menunjukkan bahwa Dispendik Surabaya sangat serius dalam melaksanakan K-13 pada tahun baru 2015 dan tidak mau lagi kejadian Semester I terulang. Terima kasih Dispendik Surabaya dan Penerbit yang telah tepat waktu membagikan buku K-13 Semester II. Gratiiisss. Kepada Wali murid tidak usah beli buku K-13 Semester II.








Selasa, 23 Desember 2014

MENGAMBIL BUKU K-13 DI EKS UPTD SEMAMPIR

Rabu, 23 Desember 2014 mulai pukul 08.00 Kepala SDN Wilayah UPTD Surabaya V dengan berbekal Stempel, Mobil. dan tenaga Angkut menandatangani 8 lembar Surat Pernyataan yang salah satunya bermeterai. Selesai maka akan diberi bercoli-coli Buku Kurikulum 2013 Semester II. Suasana meriah dan banyak KS yang tidak mengira bila buku yang dibawa ternyata harus diangkut dengan mobil. KS Bursa berdasarkan Informasi dari Wilayah lain telah membawab 2 angkot. Untuk SDN Bulak Rukem I mendapatkan 22 Dos Buku, SDN Kedung Cowek II memperoleh 17 Dos. Saat yang bersamaan SDN Bulak Rukem II akan ikut dalam satu mobil dengan 26 Dos dan ternyata tidak cukup. Kepala SDN Bulak Rukem II sendirian dan carter angkot lyn F. Saat itu angkot sedang ada penumpangnya dan oleh sang sopir dioper ke Angkot lain. Tenaga Keamanan dan Kebersihan SDN Bulak Rukem I, Kedung Cowek II dan para sopir ikut mensukseskan Kurikulum 2013 untuk Semester II. Setelah sampai di Sekolah di cek kebenarannya isinya dan selanjutnya mengirim Surat Pernyataan Pemeriksaan Buku K-13 ke Dispendik Surabaya. Di Sekolah sendiri keberadaan buku di cek oleh TU dan guru piket. Menjelang pembelajaran semester II tanggal 5 Januari 2015 semua buku K-13 untuk semua tema sudah ada di masing-masing sekolah. Siswa-Guru-Wali Murid siap melaksanakan K-13 tahun 2015/

VERIFIKASI US

Selasa, 23 Desember 2014. Verifikasi US Kec. Bulak digelar pukul 08.00 s.d 12.00 di SDN Bulak Rukem I dengan melibatkan Pengawas dan Kepala SDN/SDS di Kec. Bulak dengan dukungan penuh TU dan Guru Kelas VI. Pukul 12.30 KS sampai di Jagir bertemu Pak Yusuf, P.dirman, dan 3 Staff Pak Yusuf. Kegiatan SDN Bulak Rukem I dan SDN kedung Cowek II dimuat di Dispendik.surabaya.go.id hari ini.
Ini gambar dari dispendik :


Senin, 22 Desember 2014

KE JAGIR MEMBETULKAN FOTO NYASAR

Senin, 22 Desember 2014 pukul 07.45 tiba di Jagir dan menunggu sampai pukul 08.15 untuk mencari solusi masuknya foto nyasar ke SDN Kedung Cowek II dan SDN Bulak Rukem I. Hasilnya dalam hitungan menit, Pak Andy staff Dispendik yang baru telah berhasil mengecek dan menyelesaikan masalah. Beberapa orang yang datang hampir bersamaan cukup lega, karena solusinya begitu singkat dan tepat. Sesampainya di SDN Bulak Rukem I, pukul 09.15 di cek dan hasilnya luar biasa, "CLIIING" sudah hilang. Kami juga comment terhadap tampilan Rapor online terutama agama, dan Beliau sampaikan itu tulisan Arab. Kami membantah bahwa itu semacam tulisan Cina/Jepang. Beliau mencoba mengotak-atik trus saya tinggal. Hasilnya .....

Sabtu, 20 Desember 2014

PEMBAGIAN RAPOR ONLINE

Sabtu, 20 Desember 2014 Pembagian Rapor online dilaksanakan 6 tahap untuk jam 07.00 dan jam 08.00 di SDN Kedung Cowek II. Jam 10.00, 11.00, 12.00, 13.00 di SDN Bulak Rukem I. Jam 09.00 diadakan persiapan Verifikasi US di Kantor SDN Bulak Rukem I dihadiri Pengawas, KS, dan TU, juga ada penandatanganan Penilaian Kinerja KS sebagai Guru untuk PKG Dapodik. Saat Rapor akan dibagi untuk kelas 2 B ternyata nilai KI-1 dan 2 tidak muncul. TU dan KS berusaha menemukan sebabnya. Wali murid sudah menunggu, dan KS telah menyampaikan hal sebenarnya, serta ada wajah kecewa dari Wali murid. Alhamdulillah tepat saat rapor akan dibagi pukul 13.00 segalanya dapat teratasi dan wali murid membawa rapor dalam keadaan lengkap.

Jumat, 19 Desember 2014

PENANDATANGANAN RAPOR ONLINE

Jumat, 19 Desember 2014. Pukul 07.00 diadakan Pembagian Rapor Kelas VI di SDN Kedung Cowek II dan dilanjut jam 08.00 Rapor kelas III. Di SDN KC-2 juga dilaksanakan Pameran Pendidikan dan Unjuk bakat siswa dalam tari remo. Suasana di SDN ini meriah dan cukup berjubel. Selanjutnya hingga pukul 10.30 ditandangani Rapor Online SDN Kedung Cowek II. Pukul 13.00 s.d 19.00 disimpan, dicetak, dan dtandangani Rapor Online SDN Bulak Rukem I. Namun ada siswa yang disusupi Foto dari SD lain, namun identitas dan nilai benar milik siswa Bursa. Begitu juga dengan siswa Kedung Cowek II.

Kamis, 18 Desember 2014

PEMBAGIAN RAPOR DIBALUT DALAM PAMERAN PENDIDIKAN DAN APRESIASI SISWA

Kamis, 18 Desember 2014. Suasana meriah di halaman SDN Bulak Rukem I dengan kehadiran Wali murid kelas VI dan III untuk menyaksikan Pameran Hasil Karya Siswa dan Pertunjukan Apresiasi Siswa. Acara dimulai pukul 08.00 dan akan berakhir pukul 11.30. Wali murid dan siswa berbaur dalam pameran dan Pertunjukkan Siswa dengan berbagai macam atraksi sebagai Pelaksanaan Dua Kurikulum yang berdampingan yaitu KTSP dan K-13. Semoga tahun depan acara lebih semarak dan lebih meriah lagi untuk menampung Kreativitas siswa





Selasa, 16 Desember 2014

KE KC 2

Pagi ini sebagai PLT, saya harus membagi tugas untuk memberi semangat pada Guru-guru SDN Kedung Cowek II. Kedatangan saya pukul 06.40 duduk di halaman dan menyempatkan melihat Pendidikan Karakter di SDN KC-2. Kesimpulan siswa berbaris lebih dahulu sebelum masuk kelas, dan kemudian melaksanakan kegiatan doa bersama. Sambil menunggu beberapa guru yang semalaman nglembur Rapor Online, KS masuk ke salah satu ruang kelas V. Siswa-siswa sedang membuat SBDP (Ketrampilan) yaitu bahan kertas, kerang, dacrown, dan sterefom untuk membuat kerajinan tangan sebagai bahan untuk Pameran. Anak-anak membuat dengan senang hati dan KS memberi semangat agar suatu hari dapat menghasilkan karya yang lebih baik lagi. SD ini akan mengadakan Pameran hari, Jumat : 19 Desember 2014. Pukul 07.30 dipanggil oleh Kepala UPTD BPS Surabaya V untuk diskusi solusi permasalah di SDN Bursa. Dalam Kesempatan ini saya mengajar Bapak Anwar dan di Kantor UPTD BPS Surabaya V sudah ada Bapak Arifin yang sebelumnya telah memberi solusi pada SDN BURSA. Ketika saya datang yang bersangkutan sudah selesai dibina.











Senin, 15 Desember 2014

BINSUS - UPTD - TRS

Senin, 15 Desember 2014. Selesai Upacara Bendera, pukul 07.30 diadakan Pembinaan Khusus KS kepada Bapak Guru tertentu untuk menanyakan perihal Perilaku pada wali murid dan murid. Beliau mengakui dan diingatkan tetapi tidak mau menerima pembinaan. Pukul 10.00 melanjutkan ke UPTD BPS Surabaya V untuk Konsultasi dengan didampingi oleh Bapak Anwar dan Sri Budi. Sebagai KS salah satu tugas adalah melakukan Pembinaan guru. Pembinaan dapat dilakukan dengan diskusi, rapat, tanya jawab, teguran, peringatan, dan penghargaan. Cara yang dilakukan KS dengan pendekatan secara individu, kelompok tertentu, dan semua orang. Semua permasalahan hubungan antar manusia di sekolah yang terdiri hubungan guru dengan guru, guru dengan tendik, guru dengan wali murid, guru dengan murid harus didasari cara saling menghargai dan karakter seseorang. Namun ada kalanya perlu ada tindak lanjut. Semoga menjelang tutup tahun 2014 semua permasalahan dapat dilalui oleh semua pihak dengan hati yang lapang dan selalu mendapat bimbingan Tuhan Yang Maha Esa. Pukul 16.00 Ketua IGTKI, Ketua K3S, Penilik Sekolah, dan Perwakilan Pengawas diminta menghadiri Pembukaan Final Pentas Seni se kota Surabaya. Di tengah kelelahan semua harus dilakukan dengan senang hati.

Sabtu, 13 Desember 2014

PKG KS

Bertempat di SDN Bulak Rukem I, 14 Kepala SDN dan SDS, 14 Kepala TK, pukul 08.00 s.d 11.30 telah diadakan Penilain PKG oleh Pengawas. Masing-masing KS mengisi format Tugas Tambahan sebagai KS, Sebelumnya telah diadakan upload dan penilaian KS sebagai Guru. Sebanyak 14 point PKG bagi GURU yang menjabat sebagai KS dan juga KS yang sekaligus sebagai guru.
Format Penilaian GURU  sebagai KS adalah :

LEMBAR CATATAN FAKTA
HASIL PENGAMATAN TUGAS TAMBAHAN
 (Mohon diisi dengan tulisan tangan dengan jelas)

Lembar ke-1
Nama PTK yang dinilai
:
PegID/NUPTK
:
Penilai
:
Tanggal pemantauan
:
Tugas Tambahan
:

Catatan fakta sebelum pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum dilakukan pengamatan
di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
·  
·  
·  























Tindak lanjut yang diperlukan:










Lembar ke-2
Nama PTK yang dinilai
:
PegID/NUPTK
:
Penilai
:
Tanggal pemantauan
:
Tugas Tambahan
:

Catatan fakta selama pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum dilakukan pengamatan
di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
·  
·  
·  
































Tindak lanjut yang diperlukan:







Lembar ke-3
Nama PTK yang dinilai
:
PegID/NUPTK
:
Penilai
:
Tanggal pemantauan
:
Tugas Tambahan
:

Catatan fakta setelah pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum dilakukan pengamatan
di dalam kelas)

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa:
·  
·  
·  



























Tindak lanjut yang diperlukan:







PENILAIAN KINERJA PADAMU NEGERI
TUGAS TAMBAHAN KEPALA SEKOLAH
TAHUN 2014

PENILAIAN KINERJA TUGAS TAMBAHAN KEPALA SEKOLAH TAHUN 2014

               Nama Sekolah                :  ................................................................................
                 NPSN / NSS                   :  ..................... / ........................................................
                 Nama PTK                      :  ................................................................................
                 NIP / NUPTK                 :  ....................................... / ......................................
                 Pangkat / Golongan        :  ....................................... / ......................................
                 Pendidikan Terakhir       :  ................................................................................








1. Kepribadian dan Sosial
NO Indikator Bukti yang teridentifikasi SKOR
1 2 3 4
1 Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah / madrasah.
2 Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas.
3 Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah / madrasah.
4 Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah / madrasah.
5 Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.
6 Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain.
7 Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah / madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah / madrasah.
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:  
2. Kepemimpinan Pembelajaran
NO Indikator Bukti yang teridentifikasi SKOR
1 2 3 4
1 Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah.
2 Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi.
3 Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization).
4 Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran.
5 Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran
6 Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif.
7 Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah
8 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
9 Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah.
10 Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal.
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:  
3. Pengembangan Sekolah
NO Indikator Bukti yang teridentifikasi SKOR
1 2 3 4
1. Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah.
2. Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan.
3. Melaksanakan pengembangan sekolah/ madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah.
4. Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan.
5. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat.
6. Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
7. Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah.
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:  
4. Manajemen Sumber Daya
NO Indikator Bukti yang teridentifikasi SKOR
1 2 3 4
1. Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal.
2. Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran.
3. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.
4. Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan.
5. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah.
6. Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
7. Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah.
8. Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah.
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:  
5. Kewirausahaan
NO Indikator Bukti yang teridentifikasi SKOR
1 2 3 4
1. Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah.
2. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran.
3. Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
5. Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah.
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:  
6. Supervisi Pembelajaran
NO Indikator Bukti yang teridentifikasi SKOR
1 2 3 4
1. Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
3. Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan:  




CONTOH PENILAIAN KS SEBAGAI GURU :