Laman

Sabtu, 13 September 2014

PEMBAGIAN SKHU ASLI - KKG GUGUS - SMB KEBUN BIBIT

Sabtu, 13 September 2014
1. Pukul 09.00 Guru-guru K-13 ( Kelas I-II-IV-V-Mapel Agm-Mapel PJOK ) Gugus I dan II Kec. Bulak berkumpul di SD Muhammadiyah 9 untuk melaksanakan Kegiatan KKG dengan menyusun Proposal Kegiatan Gugus dan menyusun RPP. Acara ini dipandu oleh Pengawas TK/SD dan Ketua-ketua Gugus. Pengurus KKG dan Guru-guru Pendamping menyusun Proses on untuk Minggu depan.
2. Pukul 09.50 di Kebun Bibit Surabaya dalam rangka HAN, SDN Bulak Rukem I mendapat kesempatan dari Bapak Camat Bulak untuk menampilkan musik perkusi dalam lagu Perkakas Dapur untuk SMB ( Surabaya Mencari Bakat ).

3. Pukul 12.00 dimulai Pembagian : Rapor - Ijazah - SKHUN kepada Wali Murid. Untuk SKHUN baru di terima sekolah hari Kamis (11 Sept 2014) dan Sabtu sudah dibagikan. Jadi hanya dalam waktu dua hari. Yang sudah mengambil 115 dari 128 siswa. Pengambilan didahului oleh cap 3 jari kiri oleh siswa mulai pukul  08.30.


CONTOH RPP KELAS : I
Tahun lalu guru-guru Kelas I dan IV telah menyusun RPP
Hasilnya ada di bawah ini ! Silakan di telaah ! Apa Kekurangannya ?



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan       :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester           :  1 / 1
Tema / Subtema           :  1 / 3  (Diriku / Aku Merawat Tubuhku)
Pertemuan ke               :  1
Semester                      :  1   (satu)
Alokasi waktu               :  1 Hari  (6 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.    KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.2  Mengenal teks petunjuk / arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2  Mempraktikkan teks arahan / petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu.
 PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
3.4  Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan, kaki dan pakaian.
C.    INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.     Menjelaskan secara lisan cara – cara merawat tubuh
2.     Menjelaskan secara llisan bagian – bagian pada diri kita yang harus dijaga kebersihannya
3.     Menjelaskan benda – benda yang biasa digunakan untuk menjaga kebersihan tubuh  
4.     Menggambar benda – benda yang biasa digunakan untuk menjaga kebersihan tubuh
5.     Menghubungkan benda dengan gambar anggota tubuh yang sesuai
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.     Menjelaskan cara – cara merawat tubuh
2.     Mempraktekkan cara – cara merawat tubuh
3.     Menunjukkan perilaku menjaga kesehatan tubuh
D.    MATERI
BAHASA INDONESIA
1.     Anggota Tubuh
2.     Benda – benda untuk merawat anggota tubuh
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.     Mempraktekkan cara merawat anggota tubuh
E.    TUJUAN
1.   Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara – cara menjaga kebersihan tubuh dengan benar.
2.   Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara mencuci tangan dengan benar.
3.   Setelah bertanya jawab, siswa dapat mejelaskan cara – cara merawat tubuh.
4.   Setelah berdiskusi, siswa dapat memasangkan kartu kegiatan merawat tubuh dengan benar.
F.    MATERI PEMBELAJARAN
1.     Kebersihan diri dan lingkungan
2.     Cara Merawat anggota tubuh    
G.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan         :    Scientific
Strategi               :    Flash Card, Applied Learning
Teknik                 :    Example Non Example
Metode               :    Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
H.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.     Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.     Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara keberihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
5.     Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Diriku / Aku Merawat Tubuhku”

10 menit
Inti
1.   Siswa diminta mengamati gambar/poster.
2.   Guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan .
3.   Guru menanyakan apa saja pada diri kita yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana.
4.   Guru menanyakan apa saja pada lingkungan yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana.
5.   Siswa diminta maju ke depan kelas.
6.   Siswa menjelaskan gambar meliputi penjelasan kegiatan dan tujuan. Misalnya gambar orang berolahraga supaya badan sehat, di bawah bimbingan guru.
7.   Guru mengingatkan kembali mengenai kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan untuk merawat tubuh seperti mandi, keramas, mencuci tangan dan mencuci kaki.
8.   Guru bertanya pada siswa bagaimana cara – cara mereka dalam merawat tubuh.

80 menit

9.   Siswa diajak untuk membersihkan kelas dan sekitarnya.
10. Setelah selesai guru mengajak siswa untuk mencuci tangannya.
11. Guru mencontohkan cara mencuci tangan dengan benar.
12. Guru menyampaikan bahwa merawat dan menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu bentuk syukur pada Tuhan atas anugerah yang telah diberikan-Nya.
13. Rangkum jawaban seluruh siswa, kemudian tanyakan kepada siswa mengenai benda – benda yang mereka gunakan dalam merawat tubuh.
14. Setelah seluruh siswa mencoba menjawab, guru berkata bahwa guru memiliki satu kotak rahasia (kotak dapat berupa kardus bekas sepatu). Kotak tersebut telah berisi peralatan mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan odol.
15. Keluarkan satu persatu dari dalam kotak sambil bertanya pada siswa, “Apakah kalian menggunakan (sabun)?” dan seterusnya.
16. Diskusikan bersama siswa kegunaan dari benda – benda merawat tubuh tersebut. Siapkan 4 set kartu kegiatan merawat tubuh serta benda – benda untuk merawat tubuh.
17. Bagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk memasangkan kartu – kartu tersebut.
18. Setelah memasangkan kartu, minta siswa untuk mengerjakan latihan yang terdapat pada buku siswa.
19. Sebagai penutup guru mengingatkan siswa untuk mandi dan keramas secara teratur.
20. Sebagai penutup guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan.

105 menit

Penilaian proses:
a.   Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.   Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.   Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.




Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Media dan bahan pembelajaran
·     Gambar / poster kegiatan merawat tubuh.
·     Sabun cuci tangan.
·     Potongan kertas (kartu) dengan gambar kegiatan merawat tubuh seperti pentingnya tidur, makan, mandi, cuci tangan, dan cuci kaki.
·     Kardus bekas pasta gigi, sabun dan lain – lain.
·     Kartu – kartu kegiatan merawat tubuh.
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan anggota tubuh yang lainnya yang akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan merawat anggota tubuh merupakan cerminan dari kebersihan dan kesehatan. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.



1.  Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
2.  Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi), memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya.



3.  Mengajak semua siswa untuk membersihkan kelas dan sekitarnya :
·      Guru mengamati sikap siswa dalam membershkan kelas dan sekitarnya
·      Menilai siswa kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
·      Menggunakan format pengamatan



4.  Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.
·       Mandi menggunakan ….
·       Menyikat gigi menggunakan …..
·       Keramas menggunakan ….



5.  Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)



6.  Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang tubuh yang bersih dan sehat



7.  Menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat.


Penutup
1.   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

15 menit

2.   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.   Melakukan penilaian hasil belajar



4.   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)


  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan


I.       SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan keluarga
·         Lingkungan sekolah
·         Buku Tematik Kelas I
·         Buku Pengembangan Diri Anak
·         Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
J.      PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.     Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
  1. Instrumen Penilaian
a.     Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk
b.    Penilaian Hasil Belajar
·      Pilihan ganda
·      Isian singkat
·      Esai atau uraian

Mengetahui,
Kepala SDN Bulak Rukem  I  No. 258




Drs. RUDY SUGENG PRAYITNO
NIP  19611120 198201 1 008


 


                                         Guru Kelas I B




                                         MINDRATI, S. Pd.
                                                                        NIP.               ………………………….            


 
 









PENILAIAN NON TES:

A.      Penilaian Kinerja
1.      Kinerja dalam Bercerita dan Mempraktikkan Cara Mencuci Tangan

No.
Kriteria
Terlihat
(√)
Belum Terlihat
(√)
1.
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar
…..
…..
2.
Kepercayaan diri dalam bercerita
…..
…..
3.
Kemampuan dalam mempraktikkan cara mencuci tangan
…..
…..


2.     Penilaian Kinerja dalam Permainan Bangun Ruang

No.
Kriteria
Terlihat
(√)
Belum Terlihat
(√)
1.
Ketepatan memilih Gambar
…..
…..
2.
Antusias mengikuti permainan
…..
…..


DINAMIKA

MACAM-MACAM TEPUK
LAMPIRAN DINAMIKA
TEPUK SATE
(TEPUK TANGAN  3X )
TUSUK-TUSUK
(TEPUK TANGAN  3X )
BAKAR-BAKAR
(TEPUK TANGAN  3X )
KIPAS-KIPAS
(TEPUK TANGAN  3X )
BERI KECAP
(TEPUK TANGAN  3X )
MAKAN ENAAAAK

TEPUK NYAMUK
(TEPUK TANGAN  3X )
GIGIT GIGIT
(TEPUK TANGAN  3X )
GATAL-GATAL
(TEPUK TANGAN  3X )
GARUK GARUK
(TEPUK TANGAN  3X )
ENAAAAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar