SELAMAT BEKERJA-KERJA-IKHLAS

Selasa, 22 September 2015

PENDAMPINGAN RPP

    Selasa, 22 September 2015 Ada 4 guru yang telah mempersiapkan RPP untuk persiapan Pendampingan. Ibu Mai sudah mempersiapkan sejak Senin, 21 September 2015. Ibu Nembo sudah mempersiapkan RPP dan mengalami dua kali revisi (as21-22 September 2015). Ibu Sugiharti juga harus revisi. Giliran Bapak Andik yang memberikan Bahan RPP, pukul 12.00, KS dapat undangan mengambil SKHUS untuk Kec. Bulak di Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Beberapa guru masih mengadopsi RPP downloadan. Tidak apa-apa. Pelan dan pasti dengan Pendampingan, KS mengarahkan untuk revisi sesuai kesepakatan yang ada. 
Diharapkan di SDN Bursa ada Pembakuan dalam format Penyusunan RPP sbb. :
1. Identititas RPP
    a. Sekolah
    b. Kelas/Semester
    c. Tema
    d. Sub Tema
    e. Pembelajaran ke
    f. Alokasi Waktu
    g. Muatan Pelajaran
2. Kompetensi Inti
    Hati-hati karena tiap tingkatan Kelas berbeda dalam tata susunan Bahasa. Jadi Kelas I, jangan Copy paste kelas III atau kelas VI atau kelas-kelas lain. Untuk itu kembalilah ke Buku Guru yang terbaru.
3. Kompetensi Dasar dan Indikator
    KD dan Indikator tidak tertulis terpisah. Setelah KD ( 2 digit ) diikuti Indikator ( 3 digit ).
    Sebelumnya cantumkan Muatan Pelajaran
    KD dan Indikator diambil dari Buku Guru dan diambil semua KD dari 4 KI.
    Cirinya dari 2 digit angka, maka :
    Angka 1.1    : Angka 1 depan, berarti KI - 1
    Angka 2.1    : Angka 2 depan, berarti KI - 2
    Angka 3.1    : Angka 3 depan, berarti KI - 3
    Angka 4.1    : Angka 4 depan, berarti KI - 4
    Indikator KI - 1 dan KI - 2 harap dikembangkan sendiri dan mengarah pada Penilaian
4. Tujuan Pembelajaran
    Disepakati mencantumkan Tujuan Pembelajaran, dapat diambil dari Buku Guru dan ditambahkan sendiri.
5. Langkah Pembelajaran
    a. Kegiatan Pendahuluan
        - Mengkondisikan siswa secara fisik dan Psikis
        - Lagu Indonesia Raya/Lagu Wajib
        - Literasi
        - Menanyakan Pembelajaran sebelumnya
    b. Kegiatan Inti
        - Mengandung 5 M atau beberapa. Boleh tidak mencantumkan M secara tertulis.
        - Skenario Pembelajaran disusun se efektif dan efesien.
        - Peraga, Sumber Bahan, Metode, dan Ice Breaking harus disiapkan dengan matang setiap hari.
        - Lembar Diskusi, Lembar Tugas, dan Rubrik disiapkan se menarik mungkin
    c. Penutup
        - Lagu Daerah
        - Soal Latihan
        - Kesimpulan
        - Tugas selanjutnya
6. Pendekatan dan Metode
    a. Pendekatan : Saintifik
    b. Metode ( sesuai skenario )
7. Materi
    Disampaikan dengan uraian. Jangan garis besarnya saja
8. Buku Sumber
    a. Mencantumkan Buku Guru dan Buku Siswa lengkap dengan halamannya
    b. Sumber lain yang relevan
9. Lembar Diskusi, Soal, Rubrik, Peraga, dan Lembar Kerja lain dicantumkan setelah ttd guru dan KS.

Senin, 21 September 2015

Senin, 21 September 2015


Selasa, 22 September 2015

Selasa, 22 September 2015


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar