Format Penilaian GURU sebagai KS adalah :
LEMBAR CATATAN FAKTA
HASIL PENGAMATAN TUGAS
TAMBAHAN
(Mohon diisi dengan tulisan tangan dengan
jelas)
Lembar ke-1
Nama
PTK yang dinilai
|
:
|
PegID/NUPTK
|
:
|
Penilai
|
:
|
Tanggal
pemantauan
|
:
|
Tugas
Tambahan
|
:
|
Catatan fakta sebelum
pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum
dilakukan pengamatan
di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain
yang diperiksa:
|
·
…
·
…
·
…
|
Tindak
lanjut yang diperlukan:
|
Lembar ke-2
Nama
PTK yang dinilai
|
:
|
PegID/NUPTK
|
:
|
Penilai
|
:
|
Tanggal
pemantauan
|
:
|
Tugas
Tambahan
|
:
|
Catatan fakta selama pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum
dilakukan pengamatan
di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain
yang diperiksa:
|
·
…
·
…
·
…
|
Tindak
lanjut yang diperlukan:
|
Lembar ke-3
Nama
PTK yang dinilai
|
:
|
PegID/NUPTK
|
:
|
Penilai
|
:
|
Tanggal
pemantauan
|
:
|
Tugas
Tambahan
|
:
|
Catatan fakta setelah
pengamatan:
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum
dilakukan pengamatan
di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain
yang diperiksa:
|
·
…
·
…
·
…
|
Tindak
lanjut yang diperlukan:
|
PENILAIAN KINERJA PADAMU NEGERI | ||||||
TUGAS TAMBAHAN KEPALA SEKOLAH | ||||||
TAHUN 2014
PENILAIAN KINERJA TUGAS TAMBAHAN KEPALA
SEKOLAH TAHUN
2014
Nama Sekolah : ................................................................................
NPSN
/ NSS : .....................
/ ........................................................
Nama
PTK : ................................................................................
NIP
/ NUPTK : ....................................... /
......................................
Pangkat
/ Golongan : ....................................... / ......................................
Pendidikan
Terakhir : ................................................................................
|
||||||
1. Kepribadian dan Sosial | ||||||
NO | Indikator | Bukti yang teridentifikasi | SKOR | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1 | Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah / madrasah. | |||||
2 | Melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas. | |||||
3 | Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah / madrasah. | |||||
4 | Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah / madrasah. | |||||
5 | Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. | |||||
6 | Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain. | |||||
7 | Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah / madrasah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah / madrasah. | |||||
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: | ||||||
2. Kepemimpinan Pembelajaran | ||||||
NO | Indikator | Bukti yang teridentifikasi | SKOR | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1 | Bertindak sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah. | |||||
2 | Merumuskan tujuan yang menantang diri sendiri dan orang lain untuk mencapai standard yang tinggi. | |||||
3 | Mengembangkan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar (learning organization). | |||||
4 | Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran. | |||||
5 | Memegang teguh tujuan sekolah dengan menjadi contoh dan bertindak sebagai pemimpin pembelajaran | |||||
6 | Melaksanakan kepemimpinan yang inspiratif. | |||||
7 | Membangun rasa saling percaya dan memfasilitasi kerjasama dalam rangka untuk menciptakan kolaborasi yang kuat diantara warga sekolah/madrasah | |||||
8 | Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif. | |||||
9 | Mengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. | |||||
10 | Mengelola peserta didik dalam rangka pengembangan kapasitasnya secara optimal. | |||||
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: | ||||||
3. Pengembangan Sekolah | ||||||
NO | Indikator | Bukti yang teridentifikasi | SKOR | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Menyusun rencana pengembangan sekolah/madrasah jangka panjang, menengah, dan pendek dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah/madrasah. | |||||
2. | Mengembangkan struktur organisasi sekolah/ madrasah yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan. | |||||
3. | Melaksanakan pengembangan sekolah/ madrasah sesuai dengan rencana jangka panjang, menengah, dan jangka pendek sekolah menuju tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah. | |||||
4. | Mewujudkan peningkatan kinerja sekolah yang signifikan sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dan standard nasional pendidikan. | |||||
5. | Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat. | |||||
6. | Merencanakan dan menindaklanjuti hasil monitoring, evaluasi, dan pelaporan. | |||||
7. | Melaksanakan penelitian tindakan sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah/madrasah. | |||||
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: | ||||||
4. Manajemen Sumber Daya | ||||||
NO | Indikator | Bukti yang teridentifikasi | SKOR | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Mengelola dan mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan secara optimal. | |||||
2. | Mengelola dan mendayagunakan sarana dan prasarana sekolah/madrasah secara optimal untuk kepentingan pembelajaran. | |||||
3. | Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas. | |||||
4. | Mengelola lingkungan sekolah yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesehatan. | |||||
5. | Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah. | |||||
6. | Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. | |||||
7. | Mengelola layanan-layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah. | |||||
8. | Memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah. | |||||
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: | ||||||
5. Kewirausahaan | ||||||
NO | Indikator | Bukti yang teridentifikasi | SKOR | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah/ madrasah. | |||||
2. | Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran. | |||||
3. | Memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. | |||||
4. | Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah. | |||||
5. | Menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah/madrasah. | |||||
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: | ||||||
6. Supervisi Pembelajaran | ||||||
NO | Indikator | Bukti yang teridentifikasi | SKOR | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||
1. | Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. | |||||
2. | Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. | |||||
3. | Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. | |||||
Deskripsi Kinerja yang Telah Dilakukan: | ||||||
CONTOH PENILAIAN KS SEBAGAI GURU : |
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar